Modernisasi Pengembangan Pendidikan Islam (Suatu Telaah Epistemologi Pendidikan)

Tabrani ZA

Abstract


Konsep epistemologi pendidikan Islam pada akhir-akhir ini masih tetap menjadi wacana intelektual pendidikan Islam yang sedang dicari formulasi idealnya. Kajian tentang modernisasi dan pengembangan pendidikan Islam, akan banyak dijumpai berbagai hambatan epistemologi dan teologis. Di sisi lain adanya tarik menarik yang mengakibatkan kekaburan antara aspek filosofis yang diperlukan dan aspek teologis yang tampaknya agak sulit dilepaskannya dalam pendidikan Islam. Perbedaan yang sangat tipis antara aspek filosofis dan teologis ini akan tampak ketika masuk dalam belantara kajian ilmu agama Islam itu sendiri. Penulisan ini lebih mendekatkan kepada epistemologis filsafat Arab yang telah dipetakan oleh al-Jabiri. Untuk memecahkan kebekuan epistemologi dalam ilmu-ilmu keislaman ini, perlu diambil langkah pembebasan urusan epistemologi dan dominasi teologis. Cara berpikir yang bertolak dari hal-hal yang transendental (nash) perlu dibalik seratus delapan puluh derajat kepada cara berpikir yang berpangkal pada hal-hal yang empirik.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Amin. 2003. Tauhidik Sebagai dasar kesatuan epistemologi keilmuan dan agama, dalam Menyatukan Kembali Ilmu-ilmu Agama dan Umum, Yogyakarta: Suka Press.

Abed al-Jabiri, Muhammad. 1990. Bunyah al-Aql al-Arabi: Dirasah Tahliliyyah Naqdiyyah li Nudhumi al-Ma`riah al-Tsaqafah al-Arabiyyah, Barut: Markaz Dirasa hal-Wihdah al-Arabiyyah.

_______. 1994. Isykaliyah aI-Fikr al-Arabi al-Mu ‘aslür, Beirut: Markaz Dirasah al-Wihdah al-Arabiyah.

_______. 2003. Formasi Nalar Arab (Menuju Pembebasan dan Pliralisme Wacana Interreliqius), Yogyakarta: Ircisod.

_______. 2003. Kritik Pemikiran Islam (wacana Baru Filsafat Islam), Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Al-Ghazali, Imam. 1999. Ihya Ulumuddin (Menghidupkan Ilmu-lImu Agama Islam), Jilid I terjemah Muhammad Zuhri, Semarang: Asa-Syifa.

al-Toumy al-Syaibani, Muhammad. 1979. Falsafah Pendidikan Islam, Alih Bahasa Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang.

Atiyah al-Abrasy, Muhammad. Tt. Al-Tarbiyah aI-Islamiyyah wa Falasituha, Beirut: Darul Fikr)

Azra, Azyumardi. 1989 Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

_______. 1999. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

C Goble, Frank. 1991. Mazhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow, Yogyakarta: Kanisius.

Dhofir, Zamakhsyari. 1994. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta LP3ES.

F. Kneller, George. 1984. Movement of Thought in Modern Education, New York John Willey & Sons, Inc.

Fattah Jalal, Abdul. 1988. azas-azas Pendidikan Islam, Terj. Herry Noer Ali, Bandung: CV. Diponegoro.

Fuad Al-Ahnawi ,Ahmad. 1988. Filsafat Islam, Cet. II, Jakarta: Pustaka Firdaus.

Hadiwijono, Harun. 1980. Sari Sejarah Filsafat Barat 2, Yogyakarta: Kanisius.

Jensen, Eric. 2003. The Grand Memory Book, yang diterjemkan oleh Esti A Budihapsari dan Lila Herawati Dharma menjadi Otak Sejuta Gigabyte buku Pintar Membangun Ingatan Super, Jakarta: Kaifa, 2003

Kuntowijoyo. 2007. Islam Sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi dan Etika, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Langgulung, Hasan. 1992. Asas-Asas Pendidikan Islam, cet. II, Jakarta: Putaka Al-Huda.

Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: IMS.

Pidato Rektor dalam rangka Mensyukuri Kelahiran IAIN menjadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 25 September 2004

Smith, Samuel. 1979. Ideas of The Great Educators, New York: Barnes & Nole Books.

Suryabrata, Sumadi. 1995. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tabrani ZA. (2009). Ilmu Pendidikan Islam (antara Tradisional dan Modern). Kuala Lumpur: Al-Jenderami Press.

Tabrani ZA. (2011). Dynamics of Political System of Education Indonesia. International Journal of Democracy, 17(2), 99–113.

Tabrani ZA. (2012). Future Life of Islamic Education in Indonesia. International Journal of Democracy, 18(2), 271–284.

Tabrani ZA. (2013). Pengantar Metodologi Studi Islam. Banda Aceh: SCAD Independent.

Tabrani. ZA. (2011). Nalar Agama dan Negara dalam Perspektif Pendidikan Islam. (Suatu Telaah Sosio-Politik Pendidikan Indonesia). Millah Jurnal Studi Agama, 10(2), 395-410

Tabrani. ZA. (2011). Pendidikan Sepanjang Abad (Membangun Sistem Pendidikan Islam di Indonesia Yang Bermartabat). Makalah disampaikan pada Seminar Nasional 1 Abad KH. Wahid Hasyim. Yogyakarta: MSI UII, April 2011.

Tabrani. ZA. (2012). Hak Azazi Manusia dan Syariat Islam di Aceh. Makalah disampaikan pada International Conference Islam and Human Right, MSI UII April 2012, 281-300

Wan Daud, Wan Mohammad Nor. 2003. Filsafat dan Praktik Pendidikan Syed M. Naquib Al-Attas, Jakarta: Mizan.




DOI: https://doi.org/10.32672/tarbawi.v1i1.1200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Serambi Tarbawi



Indexed by:

            

 

 

Content Use Policy

Creative Commons License
Serambi Tarbawi is licensed under a CC-BY-SA.