Hubungan Kesadaran Halal terhadap Minat Beli Produk Makanan pada Wisatawan Muslim di Berastagi

Caca Pratiwi

Abstract


Masyarakat muslim yang dengan kesadaran halal akan lebih selektif memilih produk makanan yang akan di konsumsi disetiap waktu, bahkan saat berlibur. Ketersediaan produk makanan halal sangat dipengaruhi oleh permintaan masyarakat (demand side), sehingga pada penelitian ini mengkaji topik pengaruh kesadaran halal terhadap minat beli produk pangan oleh wisatawan di salah satu objek wisata ternama di provinsi sumatera utara. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan regresi linear sederhana, dimana kesadaran halal sebagai variabel bebas (X) dan minat beli (Y) sebagai variabel terikan (Y). Data yang diperoleh merupakan data primer yang dikumpulkan langsung dari lokasi penelitian dengan menggunakan kuesioner pada 100 responden atau wisatawan di objek wisata Gundaling, Kec. Berastagi. Data yang diperoleh dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan regresi linear sederhana. Data yang diperoleh dinyatakan valid, reliabel, dan normal sehingga bisa dilakukan analisis regresi linear sederhana yang didapatkan hasil bahwa kesadaran halal mempengaruhi minat beli wisatawan muslim terhadap produk makanan halal (sig 0,000 < 0,05), dan pengaruh variabel bebas (kesadaran halal) terhadap variabel terikat (minat beli) adalah sebesar 26,4%.

Kata kunci: Kesadaran Halal, Produk halal, Wisawatan, Muslim, Berastagi

Full Text:

17 - 22


DOI: https://doi.org/10.32672/sjat.v6i1.7072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Caca Pratiwi

 

 
Indexed by:

SJAT SJAT SJAT SJAT SJAT SJAT

 
Tools:

SJAT SJAT SJAT SJAT SJAT SJAT

All papers published in Serambi Journal of Agricultural Technology are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.