The Analysis of Learning Outcomes through Problem-Based Learning Model Approach On Circle Materials
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
• Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
• Arends. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Ed ke 4. Jakarta: Kencana.
• Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
• Aryanti Nurhidayati, Rima Sri Agustin, Taufiq Lilo Adi S., Roemintoyo & Eko Supri Murtiono. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Sebagai Upaya Pembentukan Kemandirian Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teknik Pondasi. Jiptek, VI(1), Januari 2013 . Hal 69-75.
• Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta.
• Djamarah. 2011. Psikologi Belajar Jakarta: Rineka Cipta.
• Farina Amalia, Saukani & Salminawati. 2018. Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ski Di SMP Ar-Rahman Percut. Farina Amalia: Penerapan Model Pembelajaran. At-Tazakki: Vol. 2 No. 1 Januari - Juni 2018 hal. 34-46.
• Fitria. dkk. 2013. Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Multirepsentasi Pada Usaha dan Energi di SMA. Dalam Jurnal Untan [Online].Tersedia: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/3723/3728.
• Imadiah. 2019. Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Aplikasi Fungsi Melalui Metode Penemuan Terbimbing. Jurnal Serambi Ilmu, Journal of Scientific Information and Educational Creativity 20(1), Edisi Maret 2019. p 79-96.
• Irma Aryani dan Maulida. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Melalui Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Serambi Ilmu, Journal of Scientific Information and Educational Creativity 20(2), September 2019. p 274-290.
• Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.
• Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. Jakarta.
• Pratiwi, dkk. 2013. Model Pembelajaran Problem Based Learning Berperngaruh Terhadap Hasil Belajar Materi Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Saraswati Tabanan. dalam jurnal universitas pendidikan ganesha indonesia [online]. Tersedia: http://ejornal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/1186/1049.
• Purwaningsih, Ira. 2013. Model Pembelajaran Problem Based Instrucion (PBI) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Jurnal Pendidikan Geografi. Malang: Universitas Negeri Malang.
• Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme) Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
• Saleh, M (2013) Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Pecahan Melalui Benda Manipulatif. Jurnal Serambi Ilmu, Edisi September 2013, 14(2). Hal. 119-124.
• Saleh, M., Ernisa., Aklimawati., & Mahmuzah, R. (2019). Pembelajaran Inquiri Based Learning pada Materi Limas SMP Negeri 16 Banda Aceh. Histogram: Jurnal, Pendidikan Matematika, doi: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v3i2.405: 3(2), 199 – 209.
• Saleh, M., Muhammad Isa, Murni, Darhim, Bansu Irianto Ansari (2019) Students’ Error Types And Reasoning Ability Achievement Using The Indonesian Realistic Mathematics Education Approach. International Journal Of Scientific & Technology Research 8(7), July 2019. Issn 2277-8616. P 364-369.
• Saleh, M., Prahmana, R, C, I., Isa, M., & M. (2018). Improving The Reasoning Ability of Elementary School Student Through The Indonesian Realistic Mathematics Education. Journal on Mathematics Education, 9(1), 41–54.
• Slameto, 2013, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.
• Suci Mahya Sari. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Jurnal Serambi Ilmu, Journal of Scientific Information and Educational Creativity, 21(2), September 2020. pISSN 1619–4849 eISSN 2549-2306. p 211-228.
• Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
• Taniredja, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
• Suwangsih dan Tiurlina. 2010. Model pembelajaran matematika. Bandung: UPI PRESS.
• Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.32672/si.v22i1.2747
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
INDEXING ;
SUPPORTED BY
Jurnal Serambi Ilmu
e-ISSN: 2549-2306
p-ISSN: 1693-4849
Website: https://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-ilmu
Email: abubakar@serambimekkah.ac.id
Published by: FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
Office: Jln. Unmuha, Banthoh, Banda Aceh Indonesia