Implementasi LKPD Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Fariatul Murtavia, Muhammad Syukri, Abdul Hamid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap LKPD berbasis blended learning. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental design dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMAN Unggul Subulussalam yang berjumlah 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan pemilihan secara acak (simple random sampling) sehingga diperoleh peserta didik kelas XI IPA 3 SMAN Unggul Subulussalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes (pretest dan posttest) dan angket respon siswa. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan data hasil penelitian uji-t menggunakan paired sample t-test H0 ditolak, artinya terdapat peningkatan berpikir kritis peserta didik yang diajarkan menggunakan pendekatan Blended Learning.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Blended Learning, Berpikir Kritis


Full Text:

PDF

References


Candra, Risky Ayu., & Tri, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project Based Learning. Jurnal Inovasi Guruan Kimia,.13(2), 2437–2446.

Chaeruman, Uwes Anis. (2013). Merancang Model Blended Learning. Jurnal Teknodik. 17(4): 399-409.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Guruan Nasional.

Dwiyogo, W. (2014). Analisi Kebutuhan Pengembangan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning (PBBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. Jurnal Guruan Dan Pembelajaran (JPP), 21(1):71–78.

Herliana, F., Supriyati, Y., & Astra, I. M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal. SNF2015IV, 61–66.

Khasanah., S. M., & . A. I. S. (2019). Pengembangan Lkpd Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. IPF : Inovasi Guruan Fisika, 08(03), 799–803.

Latifah, S. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 43–51.

Maharani, Bekti Yuni., Agustina T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. e-jurnalmitraguruan. 1(5), 549-561.

Mauliddiana, Siti Zhuhri. (2020). Konsep, Penggunaan, Perbandingan, Dan Implikasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning).

Novelia, Rika. (2017). Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas VIII.3 SMP NEGERI 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 1(1), 20-25.

Phonna, D. D., Safitri, R., & Syukri, M. (2020). Guided Inquiry-Based on Practicum to Improve Critical Thinking Skills on The Subject of Newton’s law. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1).

Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 44.

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388.

Rauziani, Yusrizal, & Nurmaliah, C. (2016). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis. Guruan, Jurnal Indonesia Sains.04(02), 39–44.

Rusdiana, A., Sulhan, M., Arifin, I. Z., & Kamludin, U. A. (2020). Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic Covid-19. Scientific Writing of the Bandung State Islamic University 2020, 1–10.

Salay, R. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) Dengan Student Centered Learning (SCL).

Suana, Wayan., Prisma Istiana., Nengah Maharta. (2019). Pengaruh Penerapan Blended LearningDalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Listrik Statis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains (JPS). 7(2), 129-136.

Suistiani, Eka., Retni S B., Muswita. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Lintas Minat Pada Pembelajran BiologiKelas X IIS SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Guruan Biologi. 2(1).

Sularmi., D H Utomo., I. N. R., & Artikel Abstrak, I. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Guruan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. 3(4), 475–479.

Syukri, M., Yanti, D. A., Mahzum, E., & Hamid, A. (2021). Development of a PjBL Model Learning Program Plan Based on a STEM Approach to Improve Students’ Science Process Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 269.

Wijayanti, W., Maharta, N., & Suana, W. (2017). Pengembangan Perangkat Blended Learning Berbasis Learning Management System. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 06 (April), 1–12.

Yusuf, M. (2008). Ilmu Guruan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v10i2.4069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :