Efektivitas Perkuliahan Secara Daring Pada Mahasiswa FKIP Fisika Universitas Syiah Kuala

Yenni Arsinta Fatwa, Abdul Halim, Abdul Hamid

Abstract


Penelitian yang dilakukan berjudul Efektivitas Perkuliahan Secara Daring Pada Mahasiswa Fkip Fisika Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan perkuliahan secara daring yang dilaksanakan pada mahasiswa FKIP Fisika USK. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Indikator yang diukur pembelajaran online yang efektif meliputi: 1) kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran online, 2) media daring yang digunakan dalam pembelajaran online, 3) penyampaian materi ajar dalam pembelajaran online, 4) kekurangan dalam pembelajaran online, 5) pilihan mahasiswa terhadap metode perkuliahan. hasil penelitian diperoleh hasil persentase rata-rata kelima indikator efektivitas perkuliahan secara daring yaitu 55,11% dengan kategori cukup efektif, artinya perkuliahan yang dilaksanakan secara daring pada mahasiswa FKIP Fisika cukup efektif.
Kata Kunci: : Efektifitas, perkuliahan online


Full Text:

PDF

References


Aditya, J., D. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu 5(1): 367-37.

Andriyansyah (2021) Efektifitas Penggunaan Google Classroom Pada Perkuliahan Kajian Fisika Sekolah II Secara Daring Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Syiah Kuala (USK).

Agarwal, S., & Kaushik, J. S. (2020). Student’s Perception of Online Learning during COVID Pandemic. In Indian Journal of Pediatrics. https://doi.org/10.1007/s12098-020-03327-7

Benson, R., & Brack, C. (2010). Online Learning and Assessment in Higher Education: A Planning Guide. In Online Learning and Assessment in Higher Education: A Planning Guide. https://doi.org/10.1533/9781780631653

Carliner, S. (2008). Designing and Developing E-learning Projects: A Three-Tiered Approach. Technical Training.

Hess, A. N. (2013). The magic of web tutorials: How one library (re)focused its delivery of online learning objects on users. Journal of Library and Information Services in Distance Learning. https://doi.org/10.1080/1533290X.2013.839978

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Pendidikan 1(2): 48-64

Satyawan, I. M., Wahjoedi, W., & Swadesi, I. K. I. (2021). The Effectiveness of Online Learning Through Undiksha E-Learning During the Covid-19 Pandemic. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.32364

Sharma, A. K., Sharma, H. R., & Choudhary, U. (2020). E-learning versus traditional teaching in medical education: A comparative study. JK Science.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yatimatul, M., Isnayni. & Hermansyah, W. (2020) Pengaruh Pembelajaran Sistem Daring Terhadap Mahasiswa Tadris Biologi Dalam Memahami Materi Mata Kuliah Biokimia Jurnal Pendidikan Biologi. 1(1): 23-28.

Yuhasriati, Jasmaniah, Azhari, B., Ma’Awiyah, A., Zulkifli, Syabuddin, Hamid, M., Hamidansyah, Ridhwan, M., Hambali, Ilyas, & Bahri, S. (2020). E-Learning as Connector among Education Institution in the 4th Industrial Revolution. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1471/1/012024




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v10i2.4055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :