Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di SMA Negeri 1 Muara Batu Tahun 2020

Zuraida Zuraida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran melalui supervisi akademik kepala sekolah di SMA Negeri 1 Muara Batu tahun 2020. Subjek penelitian ini adalah guru PNS yang bertugas di SMA Negeri 1 Muara Batu yaitu sebanyak 20 orang guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi penyusunan silabus dan RPP serta observasi pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis deskriptif persentase. Berdasarkan analisis data diketahui pada siklus I berdasarkan observasi penyusunan silabus, 13 orang guru (65%) berada pada kriteria baik sekali dan 7 orang guru (35%) berada pada kriteria baik. Sedangkan pada siklus II, 11 orang guru (55%) berada pada kriteria istimewa dan 9 orang guru (45%) berada pada kriteria baik. Berdasarkan observasi penyusunan RPP pada siklus I, 12 orang guru (60%) berada pada kriteria baik sekali dan 8 orang guru (40%) berada pada kriteria baik. Sedangkan pada siklus II, 11 orang guru (55%) berada pada kriteria istimewa dan 9 orang guru (45%) berada pada kriteria baik sekali. Berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran siklus I, 12 orang guru (60%) berada pada kriteria baik sekali dan 8 orang guru (40%) berada pada kriteria baik. Sedangkan pada siklus II, 11 orang guru (55%) berada pada kriteria istimewa dan 9 orang guru (45%) berada pada kriteria baik sekali. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran di SMA Negeri 1 Muara Batu tahun 2020.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Supervisi Akademik, Kepala Sekolah


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 39 ayat 2. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

E. Mulyasa. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kompri. 2017. Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional. Jakarta: Kencana.

Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: GP Press.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suhertian, Piet A. 2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM dan PMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Globalisasi. Jakarta: Erlangga.

Usman, Moh,Uzer. 2007. Menjadi Guru Profesionalisme.. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v9i2.2931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :