Penggunaaan Bola Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Siswa Tunagrahita Kelas III Di SDLB Negeri Banda Aceh

Juraidah Juraidah

Abstract


Penelitian ini berjudul penggunaan bola warna untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada siswa kelas III tunagrahita ringan di SDLB Negeri Labui Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklusnya meliputi perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Tunagrahita di SDLB Negeri yang berjumlah empat orang terdiri dari empat siswa laki-laki ( FK, Ha, Fe, Tau). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunakan media bola warna dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB Negeri Banda Aceh. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dalam belajar. Sebelum dilakukan tindakan hanya 50 %. Siswa yang tuntas dengan dengan perolehan nilai rata-rata 50 dan kriteria kurang, pada siklus I meningkat menjadi 62,5 % siswa tuntas , nilai rata-rata pada 62,5, dengan Kriteria cukup dan pada siklus II menjadi 80% siswa yang tuntas, nilai rata-rata 80 dengan katagori baik. Berdasarkan dari peningkatan hasil belajar dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bola warna dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10.
Kata kunci : Media bola warna. lambang bilangan, tunagrahita.


Full Text:

PDF

References


Amin, Moh .(1995). OrtopedagogikAnakTunagrahita.Jakarta: Proyek Pendidikan

Tenaga Guru. Dikti

Sudijono, Anas, (2008) Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawalai Press

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Cet ke-3,

Bandung : Sinar Baru.

Susilana, Rudi dan Cepi Riana. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana

Prima.

Sukadari, S. (2020). PELAYANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI PENDIDIKAN INKLUSI. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.829

Suparman, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Berhitung pada Anak Tunagrahita Ringan Melalui Media Permainan Kartu. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.641

Suyahman. (2015). Pendidikan untuk Semua antara harapan dan kenyataan (studi kasus permasalahan pendidikan di Indonesia). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Wuni, I. S., & Uchtiawati, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Pop Up Book Sebagai Media Belajar Anak Tunagrahita Ringan Terhadap Kemampuan Membilang Benda di Pusat Kajian dan Pendampingan ABK Universitas Muhammadiyah Gresik. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.30587/postulat.v1i1.1680

Yosiani, N. (2014). Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita Dengan Tata Ruang Belajar di Sekolah Luar Biasa. E-Journal Graduate Unpar.




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v9i2.2930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :