Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Pada Materi Nilai Mutlak Di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 7 Banda Aceh

Yuliati Yuliati

Abstract


Model pembelajaran menjadi suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik adalah model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together pada materi nilai mutlak di kelas X IPA 1 SMA Negeri 7 Banda Aceh tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah adalah peserta didik sebanyak 34 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data diperoleh dari hasil tes siklus, pengamatan aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif memakai rumus persentase. Hasil tes siklus menunjukkan rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 76,18, sedangkan pada siklus II sebesar 87,29, mengalami peningkatan sebesar 11,11. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 73,29%, sedangkan pada siklus II sebesar 100%, mengalami peningkatan sebesar 26,47%. Rata-rata keseluruhan aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I adalah sebesar 3,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 4,8, mengalami peningkatan sebesar 1,3. Aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pada siklus I adalah sebesar 63,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%, mengalami peningkatan sebesar 26,25%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi nilai mutlak di kelas X IPA 1 SMA Negeri 7 Banda Aceh tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Learning Together, Nilai Mutlak


Full Text:

PDF

References


Anwar, Chairul. 2017. Teori-teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCisoD.

Istarani dan Muhammad Ridwan. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV Media Persada.

Nanang. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rifika Aditama

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman A.M. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon.

Suherman, Erman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v9i2.2928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :