Penggunaan Job Sheet sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 2 Banda Aceh Kelas XI Teknik Pengelasan Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan

Cut Yuni Herawati Hasri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan dengan menggunakan job sheet pada siswa kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 2 Banda Aceh. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan model spiral Kemmis & Taggart. Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI Teknik Pengelasan yang berjumlah 21 siswa. Obyek dalam penelitian ini yaitu peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan siswa pada pertemuan pertama siklus I sebesar 34,55%. Persentase keaktifan tersebut meningkat pada pertemuan kedua siklus I sebesar 47,27%. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 66,67%. Pada pertemuan pertama siklus II, persentase keaktifan siswa sebesar 58,18%. Pada pertemuan kedua siklus II, persentase keaktifan siswa meningkat menjadi 85,45%. Persentase ketuntasan siswa pada siklus II menjadi 100%. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan job sheet dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Pengelasan pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan.
Kata Kunci: Job Sheet, Hasil Belajar, produk kreatif dan kewirausahaan


Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian.

Amin, H. (2018). PROSES PENDIDIKAN/PEMBELAJARAN. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i1.20

Buchari, A. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN. Jurnal Ilmiah Iqra’. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Febryanto, D., Karo-Karo, U., & Kusman, M. (2015). HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PRAKTEK LAS TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI BIDANG PENGELASAN SISWA SMK. Journal of Mechanical Engineering Education. https://doi.org/10.17509/jmee.v2i1.1151

Hilda, A. M., & Elly, M. J. (2019). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Pengembangan Sistem Informasi Geospasial. Jurnal SOLMA. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.3126

Lailatul, M. (2019). Hakekat Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Mida : Jurnal Pendidikan Dasar Islam.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman.

Saerozi, S., Hadromi, H., & Khumaedi, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Proyek dan Motivasi terhadap Kompetensi Praktik Pengelasan. Journal of Vocational and Career Education. https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.11105

Tuli, R. (2019). EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI SMK NEGERI 1 LIMBOTO. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i2.182

Yuliana, & Hambali. (2020). Pengembangan Job Sheet Praktikum sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional.




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v9i2.2926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :