Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab Islami Terhadap Tetangga dengan Metode Cooperative Script pada Siswa Kelas Ix.2 MTsN Blangkejeren Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues

Ruhana Ruhana

Abstract


Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak melalui metode pembelajaran cooperative script pada siswa kelas IX.2 MTsN Blangkejeren. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah Apakah metode pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi materi adab islami terhadap tetangga pada siswa kelas IX.2 MTsN Blangkejeren tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi materi adab islami terhadap tetangga melalui metode Cooperative Script pada siswa kelas IX.2 MTsN Yasinta Blangkejeren Tahun Pelajaran 2016/2017. penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tekhnik pengumpulan data ini menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, danmetode tes. Subjek penelitian ini adalah siswa IX.2 MTsN Blangkejeren sebanyak 25 siswa. Dari hasil penelitian ini menujukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas 9 MTsN Blangkejeren pada pra siklus 68,80, siklus I 78,60, siklus II.87,60. Sedangkan untuk presentase ketuntasan klasikal pada pra siklus 36%, siklus I 72%, dan di siklus II 92%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa metode pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan prestasi belajar Akidah Akhlak materi materi adab islami terhadap tetangga. pada siswa kelas IX.2 MTsN Blangkejeren tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: metode pembelajaran, cooperative script, prestasi belajar.


Full Text:

PDF

References


Al Albani, Muhammad Nashiruddin. 2014. Mukhtasar Shahih Al Imam Al Bukhari. Terj. Amir Hamzah Fachrudin. Jakarja: Pustaka Azzam.

Al-Mundziri, Zaki Al-Din „Abd Al-„Azhim. 2002. Mukhtashar Shahih Muslim, Terj. Syinqithi Djamaluddin dan H.M. Mochar Zoerni. Bandung: Mizan.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta. Asmara. 2009. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Darmansyah. 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaitul Bahri dan Aswan Zain. 2006. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Harjati. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hidayat, Nur. 2013. Akhlak tasawuf. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ihsan, Hamdani dan A. Fuad Ihsan. 2007. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Muhaimin. 2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, Wina, 2008a. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana.




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v9i2.2925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :