Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Metode VAKT Siswa Tunagrahita Kelas III Semester II SDLB Negeri Labui Banda Aceh

Nurlina Nurlina

Abstract


Kemampuan memahami suatu bacaan merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk menambah pengetahuan, khususnya anak tunagrahita. Anak Tuna Grahita adalah anak yang mengalami hambatan di bidang intelegensinya / kecerdasannya, sehingga rata-rata mereka terlambat dalam baca tulis dan hitung). Keterampilan membaca mereka harus dilatih secara khusus dan memerlukan waktu yang lebih lama. Salah satu metode yang akan penulis gunakan metode VAKT (visual, Aiditory, Kinesthetic and tactile). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan metode VAKT dapat meningkatkan kemampuan membaca, meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa-siswi kelas D III SDLB Negeri Banda Aceh Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi, yang diterapkan dalam siklus I dan II. Analisis data yang digunakan dengan membandingkan hasil belajar membaca antar siklus, analisis hasil observasi aktifitas siswa dan observasi PBM guru serta refleksi. Dari hasil analisis bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kemampuan membaca Pada siklus I, siswa memperoleh nilai tuntas KKM 60 sebanyak 2 siswa dengan persentase 50% meningkat menjadi 3orang dengan persentase 75%. Data hasil observasi terhadap aktivitas siswa terjadi peningkatan dari 60% pada siklus I menjadi 75% di siklus II. Kemampuan guru dalam mengelola PBM sebesar siklus I sebesar 62,5% dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 79,2% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terjadi peningkatan dalam membaca dengan menggunakan penerapan VAKT, siswa mampu mengenal huruf, membaca kata dan kalimat sederhana.
Kata kunci : Kemampuan membaca permulaan, Metode VAKT


Full Text:

PDF

References


Sumadi Suryabrata, (1991). Psikologi Pendidikan. Jakarta Rajawali

Moh. Amin. (1995). Ortopedagogik C (Pendidikan Anak Terbelakang). Jakarta: Depdikbud.

Natawidjaya, R & Alimin, Z. (1996). Penelitian Bagi Guru Pendidikan Luar Biasa, Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti.

Depdiknas. (2000). MetodikKhusus Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen.)

Mumpuniarti. (2000). Penanganan Anak Tunagrahita. Yogyakarta: FIP UNY.

Dini dahlia. 2001. Bimbingan Pemantapan Bahasa Indonesia. Bandung. CV Irama Widya

Syarifudin.(2006). Laporan Penelitian Peningkatan Keterampilan Guru Mengajar Anak Tunagrahita Dengan Menggunakan Teknik Simulasi Mengajar.SLB-CD YPAC. Banda Aceh

Irian,wiwik. 2007. Peranan Media Gambar dalam Membaca Nyaring SLB Dharma Wanita Jiwan Kabupaten Mediun, IKIP PGRI Madium.

Ade Lucky Sessiani,2007,Skripsi Pengaruh metode multisensori dalam meningkatkan Kemampuan membaca permulaan pada anak Taman kanak- kanak, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro,Semaranghttp://blogspot Iim Imandala, Remedial Membaca Dengan Metode Fernald Bagi Anak Disleksia, Jumat, 27 Februari 2009

Rosyid,R. 2009, Jurnal Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Permulaan pada Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Penerapan Metode Eja Individual Bagi Siswa Kelas 3SDLB-C Wantu Wirawan Kota Sala Tiga.

http://VolNo. 2009/ISSN 1979-6161

http://blogspot written by Yudi Nugraha ST, senin 19 April 2010, Penerapan Metode Pembelajaran Membaca, SLB YAPENASdi 22.48




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v9i2.2924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :