Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Simulasi Mata Pelajaran Fikih Materi Perekonomian Dalam Islam Pada Siswa Kelas X MIA 1 Madrasah Aliyah Negeri Blangkejeren

Seri Jemat M.

Abstract


Metode simulasi memberikan gambaran kenyataan kepada siswa mengenai sebuah nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih pada materi perekonomian dalam Islam, pada kelas X MIA 1 melalui metode simulasi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Madrasah Aliyah Negeri Blangkejeren. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Penelitian ini menerapkan metode simulasi. Metode simulasi digunakan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada meteri perekonomian dalam Islam. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa pelajaran fikih melalui penerapan metode simulasi mengalami peningkatan hasil belajar. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus atau pertemuan yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil siswa sebelum tindakan mendapat nilai rata-rata 62,76 atau 12% siswa yang tuntas. Pelaksanaan metode pembelajaran simulasi sudah sesuai dengan prosedur peaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembeajaran pada siklus I niai rata-rata 65,8 atau 14% siswa yang tuntas. Dan hasil belajar pada siklus II meningkat menjadi 73,8 atau 20 siswa yang tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perekonomian dalam Islam pada mata pelajaran fikih di Kelas X MIA 1 Madrasah Aliyah Negeri Blangkejeren.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Fikih, Simulasi


Full Text:

PDF

References


Ahid, N. (2008). Madrasah Sebagai Institusi Pendidikan: Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangannya. Jurnal Tribakti.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian.

Hasanah, M. (2018). PENDIDIKAN MORAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v3i2.3277

Muhajir, M. (2018). PERUBAHAN MASYARAKAT DAN PERUBAHAN TUNTUTAN TERHADAP PENDIDIKAN. Ath Thariq Jurnal Dakwah Dan Komunikasi. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v2i1.1077

Muqit, H. A. (2019). PENDIDIKAN AGAMA, ANTARA KESEJAHTERAAN DUNIAWI DAN KEBAHAGIAAN UKHRAWI. Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman. https://doi.org/10.31102/alulum.6.1.2019.1-10

Supriadi, O. (2009). Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Tabularasa PPS Unimed.

Syarif, M., & Jakfar, A. A. (2019). Strategi Pengembangan Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas SDM di Madura Pasca Pembangunan Jembatan Suramadu. Pamator Journal. https://doi.org/10.21107/pamator.v12i1.5175




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v9i2.2921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :