Implementasi Kesadaran Berkonstitusi melalui Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila di Sekolah

Siti Fatimah

Abstract


Pendidikan kewarganegaran (PKn) bertujuan membentuk warga negara yang ideal, yaitu warga negara yang memiliki keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai sesuai dengan konsep dan prinsip kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun kesadaran berkonstitusi melalui penanaman nilai-nilai Pendikar di sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian kasus (case study). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Pembangunan kesadaran berkonstitusi melalui implementasi Pendikar dalam pembelajaran berkembang “Sangat baik”. Kelambatan berkembang pada inisiatif saat diskusi kelompok atau saat presentasi di kelas yang masih mencapai kategori MB (mulai berkembang). Kemampuan inisiatif memang memerlukan latihan-latihan dan peningkatan wawasan.
Kata kunci : Kesadaran berkonstitusi, bela negara


Full Text:

PDF

References


Azis Mahfuddin. (2009). Profesionalisme jabatan guru di era globalisasi. Bandung: Rizqi Press.

Depdiknas. (2006). Kumpulan Permendiknas tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan panduan KTSP.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Indra Djati Sidi. (2001). Menuju masyarakat belajar: menggagas paradigma baru pendidikan. Jakarta: Paramadina.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1984). Qualitative data analysis: a source book of new methods. California: Sage Publication Inc.

Syamsul Bahri. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Role Playing Dalam Peradilan Semu Hukum Acara Pidana Materi Keterbukaan dan Keadilan Pada Siswa Kelas XI-2 IPA SMAN Seribu Bukit Gayo Lues Tahun Pelajaran 2014/2015)).

Said Hamid Hasan. (2007). Inovasi Kurikulum (Jurnal Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia). Bandung: HIPKIN.

Sumadi Soeryabrata. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nurdiansyah,M.Pd dan Eni Farliarul Fahyuni,M. Pd (2016) Inovasi Model Pembelajaran, Siduarjo, Nizamial Learning Center.




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v9i2.2919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :