Upaya Meningkatkan Pembelajaran Lompat Tinggi Menggunakan Metode Bermain di Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas VIII.2 MTsN Blangkejeren Kebupaten Gayo Lues

Sadri Sadri

Abstract


Siswa dalam melakukan aktivitas belajar memerlukan dorongan tertentu agar siswa tersebut memiliki ketertarikan dan keaktifan ketika belajar penjasorkes. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran dengan metode barmain di Lingkungan Sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Penelitian ini dilakukan di MTsN Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII.2 yang berjumlah 26 siswa. Peneliti bertindak sebagai observer. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan angket. Untuk analisis data kualitatif digunakan lembar observasi aktivitas siswa dan angket, sedangkan untuk data kuantitatif menggunakan tes. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini terdapat 2 siklus dengan materi pokok bahasan yang sama, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yang cukup baik dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa tiap siklus. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 7,80 dan siklus II sebesar 8. Hal ini diperkuat lagi dengan obeservasi siswa yang mengalami peningkatan keaktifan siswa secara signifikans dan respon siswa terhadap penerapan metode bermain di Lingkungan Sekolah dengan presentasi siklus 1 64,86% dan siklus 2 92,43%. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang baik, hasil observasi siswa mengalami peningkatan keaktifan siswa yang mendukung proses pembelajaran dan respon siswa terhadap metode bermain di Lingkungan Sekolahsangat baik.
Kata Kunci : Pembelajaran, Lompat Tinggi, Di Lingkungan Sekolah


Full Text:

PDF

References


Zainal, Aqib. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: CV. Yrama widya.

Suharsimi, Arikunto dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian: suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Adi Mahasatya.

Subagiyo. 2008. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta, Universitas Terbuka.

Nana Syaodih, Sukmadinata. 2004. Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Syafaruddin, dan Irwan Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: PT Ciputat Press.

Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo) .

Tudjai. 2000. Analisis Hasil Belajar Kemampuan Kependidikan, dalam Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 2 No. 1.

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rochiati, Wiriaatmadja. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.

http://daniarpenjaskes.blogspot.com/?zx=14ea7741c8ff88a2)

http://eprints.uny.ac.id/7826/3/BAB%202%20-%2010601247062.pdf




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v9i2.2918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :