Meningkatkan Hasil Belajar Membaca dengan Menggunakan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas I Tunagrahita di SDLB Negeri Labui Banda Aceh

Sauman Sauman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar membaca pada siswa tunagrahita kelas I di SDLB Negeri Banda Aceh tahun pelajaran 2015/2016. Kajian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Pelaksanaanya Penelitian Tindakan Kelas ini di Kelas I SDLB negeri Banda Aceh dalam kurun waktu 3 bulan . Subjek penelitian ini siswa kelas I yang berjumlah 10 orang. Perolehan data penelitian Tindakan Kelas ini dari siswa, hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk perolehan data ini menggunakan intrumen tes lembar observasi dan pedoman wawancara.Perolehan data dengan mengadakan tes terhadap siswa kelas I, hasil observasi oleh absorver dan pelaksanaan wawancara. Data diverifikasi dan divalidasikan dengan mencantumkan dalam daftar nilai. Analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan mencari jumlah ketuntasan dan ketidak tuntasan hasil belajar siswa setiap tatap muka. Analisis dilakukan mencari nilai tertinggi , terendah dan nilai rata-rata. Sebagai Indikator keberhasilan dalam kajian ini meningkatkan hasil belajar Siswa 80 % sesuai dengan situasi dan kondisi yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur pelaksanaan 2 siklus dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kajian teori dan kajian ini tentang pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu kata sebagai media pembelajaran dan variable penindak. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan dari nilai rata-rata 61,8 pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata 66,5 pada siklus II .Ketuntasan belajar siswa Pada siklus I adalah 60 % meningkat menjadi 100 % pada siklus II..
Kata Kunci: Membaca, Kartu Kata, Tunagrahita


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk.1993. prosedur penelitian suatu tindakan praktik. Jakarta: rineka cipta

Budiono, 2005, Kamus lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya:Karya Agung

Darminati. 1996, Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di kelas rendah. Jakarta:depdikbud

…….., 1992, Pelaksanaan Pengajaran Membaca dan Menulis Permulaan.Jakarta Depdikbud.

Daryanto,1997 Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Lengkap EYD dan Pengetahuan Umum. Surabaya:Apollo

Djaja Raharja, 2006, Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Universitas Tsukuba:Criced

Juang Susanto. 2005. Pengantar Pendidikan Dengan Subjek Tunggal. Universitas Tsukuba: Cired

Makmur Karim.1994, Mampu berbbahasa Indonesia.FPTK.Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Padang

Manulang, 2004, Pedoman Teknis Menulis, Skripsi.Andi: Yogyakatra

Ritawati Wahyudi, 1996. Bahan Ajar Pendidikan Bahasa Indonesia di kelas Rendah SD, Padang IKIP

Sutjihardi, 1995, Psikologo Anak Luar Biasa: DIRJEN Pendidikan Tinggi




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v9i2.2913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :