Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab melalui Media Gambar Reka Cerita pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Blangkejeren

Suriana Warni

Abstract


Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah media kartu gambar reka cerita efektif bagi peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas XI-IIS 2 Madrasah Aliyah Negeri Blangkejeren? Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena data yang dihasilkan berhubungan dengan angka- angka. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data tes. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini pada kelas kontrol mengalami penurunan dari pre-test dengan rata-rata 64,23 dan pada post-test dengan rata-rata 63,08. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pre-test dengan rata-rata 63,85 dan pada post-test dengan rata-rata 79,42. Kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa media kartu gambar reka cerita efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab pada kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Blangkejeren.
Kata kunci: Keterampilan Menulis Media Kartu Gambar, Reka Cerita


Full Text:

PDF

References


Hendri, M. (2013). طرق تعليم المفردات في مهارة الكلام. Journal of English and Arabic Language Teaching.

Mutatik, M. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa melalui Penerapan Metode Think Pair Share. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i2.46

Nadwah Daud, N. A. P. (2014). Permasalahan Pertuturan Dalam Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua Speaking Problems in Arabic as a Second Language. GEMA Online® Journal of Language Studies.

Purwaningtyas, I., & Junining, E. (2019). Konservasi Nilai Budaya Indonesia melalui Bahasa Daerah. MABASAN. https://doi.org/10.26499/mab.v3i1.102

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu ketrampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zainur Rijal, A. R., Rosni, S., & Sulaiman, I. (2020). Tahap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pelajar Universiti: Satu Kajian Korpus di Universiti Sains Islam Malaysia. International Journal of Language Education and Applied Linguistics.




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v9i2.2911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :