Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Fungsi Anggota Tubuh Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas I Tuna Daksa SDLB Negeri Banda Aceh

Aipiyastri Aipiyastri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar siswa kelas I Tunadaksa SDLB Negeri Banda Aceh dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I Tunadaksa di SDLB Negeri Banda Aceh sebanyak 5 siswa. Teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kondisi awal, presentase jumlah siswa aktif sebesar 1 siswa atau 20% menjadi 3 siswa atau 60% pada siklus 1, dan 5 siswa atau 100% pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar siswa pada kondisi awal 20% atau 1siswa mencapai ketuntasan , pada siklus 1 sebesar 40% atau 2 siswamencapaai ketuntasan dan pada siklus kedua sebesar 100% atau 5 sisw mencapai ketuntasana. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 56,00, pada akhir siklus 1 adalah 66,00 dan pada akhir siklus kedua sebesar 74,00. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar pada materi mengenal fungsi anggota tubuh siswa kelas I tunadaksa di SDLB Negeri Banda Aceh Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: hasil belajar, picture and picture, tunadaksa.


Full Text:

PDF

References


Afifah, W., & Hadi, S. (2018). HAK PENDIDIKAN PENYANDANG DISABILITAS DI JAWA TIMUR. DiH: Jurnal Ilmu Hukum. https://doi.org/10.30996/dih.v0i0.1793

Arif, Sukuryadi, & Fatimaturrahmi. (2017). Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar Di Perpustakaan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Smp Negeri 1 Praya Barat. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan.

Hasanah, Y. M. (2019). Metode Pembelajaran Shalat Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Kajian Agama Hukum Dan Pendidikan Islam (KAHPI). https://doi.org/10.32493/kahpi.v1i1.p67-81.2909

Irsyadi, F. Y. Al, & Nugroho, Y. S. (2015). Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh Dan Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect. Prosiding SNATIF.

Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. In Media Pembelajaran.

Mantiri, J. (2019). PERAN PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN SUMBER DAYA MANUSIA BERKUALITAS di PROVINSI SULAWESI UTARA. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904

Novitasari, R. D., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Indonesian Values and Character Education Journal. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19495

Pendidikan, U. N. S. (1982). UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Acta P├Ždiatrica.

Pratiwi Nurabdiah, S. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan di Era 4.0. Jurnal EduTech.

Sri Wulandari dan Marlina. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Dengan Model Pembelajaran Picture and Picture Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus.




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v9i2.2910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :