Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Tata Boga SMK Negeri 1 Al Mubarkeya

Syukri Syukri

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Boga SMK Negeri 1 Al Mubarkeya Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Pada pelaksanaan proses pembelajaran sebelum dilakukan tindakan, terdapat permasalahan yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa tidak mampu menemukan konsep dari materi yang dipelajari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran dimana siswa dapat secara aktif menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Lembar pengamatan dianalisis secara deskriptif naratif, sedangkan tes hasil belajar matematika dianalisis secara statistik deskriptif. Dari analisis terlihat bahwa terjadi perbaikan proses pembelajaran dari sebelum tindakan ke siklus I dan siklus II dan peningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X Tata Boga SMK Negeri 1 Al Mubarkeya pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019.
Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Discovery Learning, Penelitian Tindakan Kelas


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2014. Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Kemendikbud. Jakarta.

BSNP. 2016. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendibud. Jakarta.

BSNP. 2016. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Kemendibud. Jakarta.

M. Hosnan 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia. Bogor.

Ratna Wilis Dahar. 2010. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Erlangga. Jakarta.

Suharsimi Arikunto, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Sumarno. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dikti Depdikbud. Yogyakarta.

Winataputra, Udin S., dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas Terbuka. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v9i2.2909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :