Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII.3 MTsN Blangkejeren pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Metode Diskusi dengan Media Komik

Hijratul Hasanah

Abstract


Komik merupakan media yang unik yang menggabungkan teks dan gambar dalam bentuk yang kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Motivasi belajar SKI siswa di Kelas VII.3 MTsN Blangkejeren (2) Peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI Kelas VII.3 MTsN Blangkejeren dengan metode diskusi dengan media komik. Penelitian ini memakai studi tindakan (action research). Dari hasil observasi di kelas diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran SKI yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan angket. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap pra siklus dari jawaban angket motivasi belajar siswa masih di bawah standar sehingga perlu diambil tandakan siklus I. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I motivasi belajar siswa meningkat meskipun belum melebihi standar menjadi 58,75%. Sedangkan pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus 2 motivasi belajar mengalami peningkatan menjadi 68,75%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sesudah diterapkan metode diskusi dengan media komik dengan sebelumnya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada peningkatan motivasi belajar dalam mengikuti pembelajaran dengan metode diskusi dengan media komik. Motivasi ini dapat dilihat dari keaktifan dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, serta dari hasil angket.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Komik


Full Text:

PDF

References


Alaydrus, F. M. (2019). KOMIK ISLAMI (KOLAMI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AGAMA BAGI ANAK JALANAN. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian.

Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow,. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen.

Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259

Fajrin, R. (2019). Urgensi Telaah Sejarah Peradaban Islam Memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Rasyid, A. (2018). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat Pakuli Kabupaten Sigi. Journal of Pedagogy.

Safei, S. (2007). Penggunaan media grafis dalam proses pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.

Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5196




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v9i2.2907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :