ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENERIMAAN PAJAK REKLAME

Zulia Hanum, Wesi Ultari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sistem pengendalian intern penerimaan Pajak Reklame Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan. Pendekatan penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan jenis data kualitatif, penelitian ini dilakukan dengan data yang diterima dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan berupa data target dan realisasi penerimaan pajak reklame Kota Medan yang cukup jelas untuk menganalisis serta membandingkan dengan teori yang ada. Data penelitian yang dilakukan berupa data primer dan data skunder. Dimana data primer dilakukan dengan wawancara, dan data skunder berupa target dan realisasi penerimaan pajak reklame. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan belum efektif, hal ini terlihat dari masih adanya beberapa unsur pengendalian intern yang masih lemah hal ini terlihat dari lingkungan pengendalian dimana masih adanya terjadinya rangkap kerja yang dilakukan oleh beberapa pegawai, masih adanya formulir-formulir dalam pemungutan pajak reklame yang tidak menggunakan nomor urut tercetak dalam dokumen atas pemungutan pajak reklame dan belum jelasnya alur dokumen yang akan digunakan pada setiap fungsi yang ada dalam pemungutan dan perhitungan dari pajak reklame.


Full Text:

PDF

References


Adisasmita, Rahardjo. (2011). Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Graha Ilmu: Yogyakarta

Azuar Juliandi, Irfan, Saprinal Manurung (2014). Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Perss

Daries,Nurlan. (2009). Pengelolaan Keuangan Daerah . PT. Indeks : Jakarta.

Erly Suandy. (2009). Perencanaan Pajak. Salemba Empat : Jakarta.

Fatoni, Agus. (2009). Pengaruh Pemberdayaan Aparat Pemerintahan Desa Terhadap Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Di Provinsi Lampung. Desertasi. Program Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran, Bandung.

Gondodiyoto, Sanyoto. (2009). Audit Sistem Informasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hafsah (2015). Analisis Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak atas Penyampaian Masa PPN dengan Penerapan Elektronik SPT. UMSU

Hiro Tugiman. (2009). Standar Profesional Audit Internal. Kanisius: Yogyakarta.

Indra Bastian. (2010). Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Erlangga: Jakarta.

Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik Edisi Kedua. UPP STIM YKPN : Yogyakarta.

Niluh Made Wesya Nugrahani (2014). Analisis Sistem Dan Prosedur Pemungutan Pajak Reklame Dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern (Studi pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 15 No. 1 Oktober 2014.

Nuning Hindriani. (2012). Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Anggaran di Daerah (Studi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun) Wacana ISSN – Vol. 15, No. 3 2012.

Peraturan Walikota Medan Nomor 6 Tahun 2010. (2010). tentang Rincian Tugas Pokok dan Fungsi Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kota Medan.

Priska Claudya Homenta. (2015). Analisis Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Pajak Daerah Di Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal EMBA. Vol.3 No.3 Sept. 2015.

Republik Indonesia.(2008). Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Jakarta

Siahaan, M.P. (2010). Pajak Daerah dan Retibusi Daerah Edisi Revisi. PT. RajaGrafindo Persada : Jakarta.

Siagian, Sondang P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara: Jakarta

Sugiyono, (2011). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. 2011. Visi Media : Jakarta Selatan.

Warren, Reeve, dan Fess. (2009). Accounting “Pengantar Akuntansi”, buku 2, edisi 21. Salemba Empat : Jakarta.

Yefta Palit Tatawi (2015). Analisis Sistem Pengendalian Intern Pada Prosedur Penerimaan Kas Pajak Hotel Dan Pajak Reklame Pada Dinas Pendapatan Kota Bitung. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 15 No. 05 Tahun 2015

Zulia Hanum dan Rukmini. (2016). Perpajakan Indonesia. Medan: Perdana Mulya Sarana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.