BALAI LATIHAN KERJA DAN UPAYA MENGATASI PENGANGGURAN (STUDY DI BLK KOTA BANDA ACEH)

Furqan Furqan, Karimuddin Karimuddin

Abstract


Balai Latihan Kerja (BLK) merupakan lembaga pelatihan yang direncanakan dan dibentuk oleh pemerintah terkait dengan ketenagakerjaan. Adapun tugas pokok BLK adalah melaksanakan program pelatihan tenaga kerja, uji coba program pelatihan, uji kompetensi serta pemberdayaan lembaga pelatihan di bidang industri. Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kualitatif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan BLK dalam mengurangi pengangguran dan megetahui kendala yang dihadapi BLK dalam mengurangi penganguran. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan yang dilakukan oleh BLK selama ini sudah berhasil membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran. Adapun ukuran keberhasilan yang peneliti pakai adalah jumlah lulusan yang sudah bekerja selama lima tahun terakhir berjumlah 2871 orang (55%) dan yang belum punya pekerjaan sekitar 1827 orang (35%) sedangkan yang gagal 522 orang (10%), dari jumlah peserta seluruhnya 5220 orang. Adapun kendala yang dihadapi oleh BLK saat ini adalah ketersediaannya fasilitas yang masih terbatas, tempat penampungan yang terbatas sehingga tidak bisa menampung jumlah peserta yang mendaftar.


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahan, Mujamma’ Al Malik Fahd Li Thiba’ah Al Mush-Haf Asy-Syarif Medinah Munawwarah. Kerajaan Saudi Arabiah. Juz 8.

Artikel Ichsan M.Ali Basyah Amin sudah dimuat di http://aceh tribunnews.com 2013/07/31 Revitalisasi- blk.

Amiruddin idris, Ekonomi public, Jakarta :Depublis, 2017.

M. Nasir Budiman dkk, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Cet. ke I, Banda Aceh: Ar-Raniry, 2004.

Morgono S, Metodologi Penelitian Pendidikan : Komponen MKDK, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

N. Gregory Mankiw, Makro ekonomi, Terjemahan. Fitria Liza, Imam Nurmawan, Jakarta: Erlangga, 2007.

Sukirno, S, Makro Ekonomi Teori Pengantar, Jakarta: Raja Grafindo Persada 2004.

Sukirno, S, Ekonomi Makro teori pengantar, edisi ketiga, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Sukirno, S, Makro Ekonomi Teori Pengantar, Edisi Ketiga, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Sumber Majalah Balai Latihan Kerja Industri Banda Aceh 2012.

Suprijal “ Kontribusi Balai Latihan Kerja (Blk) Dalam Pemberdayaan Keterampilan Kerja Bagi Masyarakat Gampong Ruak Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan” (Skripsi Tidak Dipublikasi), Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.