PRODUK TEKNOLOGI VIOTERMIN, HEROTER DAN COMPLETE FEED TERINTEGRASI TERNAK UNGGAS ,RUMINANSIA DAN BUDIDAYA IKAN LELE (CLARIAS) DI KECAMATAN TILONGKABILA KABUPATEN BONE BOLANGO PROVISNI GORONTALO

Zainal Abidin, Muh. Iqbal Jafar, Nur Insani, I Made Sudiarta, Syamsir Syamsir, Hildah Khurniyah

Abstract


Produk Teknologi yang Diseminasikan pada  Masyarakat (PTDM) mitra di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango adalah Produk Teknologi Viotermin, Heroter dan Complete Feed terintegrasi ternak unggas, ruminansia, dan budidaya ikan tawar. Tujuaannya adalah untuk meningkatkan produksi dan pendapatan bagi peternak serta pembudidaya ikan. Permasalahan mitra dalam beternak dan budidaya ikan, serangan penyakit yang cukup tinggi menyebabkan produksi dan produktivitas ternak dan ikan menururn. Disisi lain, nutrisi dan obat ternak maupun ikan cukup mahal dan terkadang tidak mampu terjangkau oleh modal  peternak, sehingga  penyakit begitu cepat menyebar dan sulit untuk dikendalikan. Penggunaan bahan antibiotik dan obat kimia bagi ikan dan ternak berdampak pada kesehatan, bila diberikan secara terus menerus dengan dosis yang tinggi, menyebabkan mikroorganisme pathogen (pengganggu) menjadi resisten dan tentu bahan antibiotik yang terakumulasi di tubuh ikan maupun ternak ini tidak aman dikonsumsi oleh manusia selaku konsumen.  Untuk itu solusi yang ditawarkan pada mitra adalah pemanfaatan produk  nuterisi dan obat herbal Viotermin, Heroter dan Complete Feed  agar usaha mitra  berkelanjutan. Sumber  bahan baku pembuatan viotermin, heroter dan complete feed adalah bahan baku local dan proses dengan menggunakan alat mesin pencacah, alat press, dismill, dan mesin pelet dari Kemenristek yang diseminaiikan kemitra. Hasil penelitian yang diseminasikan kemasyarakat mitra produk teknologi viotermin, heroter, complete feed yang diuji caba pada budidaya ikan lele dan ayan kampung Sensi menunnjukkan hasil yang baik yaitu dapat meningkatkan obot produksi. Keunggulan produk teknologi yang diseminasikan ke masyarakat Viotermin, Heroter dan Complete Feed lebih unggul dan efisien dari pada buatan pabrikan. Harga Viotermin yang diseminasikan Rp. 30.000/L sedangkan Viterna buatan Naza RP. 130.000/Liter. Harga Heroter yang diseminasikan Rp. 40.000/Liter sedangkan harga Petrofis Rp. 80.000/Liter. Kemudian produk teknologi pakan Complite Feed yang diseminasikan Rp. 7.000/Kg sedangkan harga pakan pabrik merek sinta Rp. 10.000/Kg. Untuk lebih memasyarakatkan PTDM kerjasama LPM Universitas Ichsan Gorontalo ini Tim Pelaksana menerbitkan Buku ber ISBN selanjutnya dipublikasikan ke masyarakat. Monitoring dan evaluasi terus dilakukan untuk memastikan teknologi ini bekerja dengan baik dan dapat menjadi solusi permasalahan mitra dan masyarakat  untuk dalam peningkatan produksi dan  pendapatan yang maksimal.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Jafar, I., Insani,N., Syamsir, Sudiarta, I. 2019. Aplikasi Viotermin, Heroter Terintegrasi dengan Budidaya Ikan Lele Sangkuriang. Fakultas Pertanian Universitas Ichsan Gorontalo.

Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo. 2017. Provinsi Gorontalo Dalam Angka. BPS Gorontalo. Provinsi Gorontalo.

Gill, C. 1999. More science behind “botanicals” Herbs and plants extract as growth enhancers. Feed International. 20(4); 20-23.

Hasan, S., Budiaman; Darwis., 2014. Studi Pembuatan Pakan Complite Feed bahan baku Lokal di Uji Coba Pada Ternak Ruminansia Brahman Croos di Sidrap. Universitas Hasanuddin Makassar.

Sreenivas, P.1999. Herbal Healing. Far Eastrn Agriculture .pp31-32


Refbacks

  • There are currently no refbacks.