DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

Lia hamimi, Lasmita Lasmita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian pada tes menunjukkan terdapat sebanyak 19,14% siswa mengalami kesalahan dalam memahami soal, 3,09% siswa mengalami kesalahan menggunakan rumus, 2,47% siswa mengalami kesalahan operasi, 0,62% kecerobohan, 56,79% siswa tidak menjawab permasalahan yang diberikan dan sebanyak 17,90 siswa menjawab dengan benar permasalahan yang diberikan. Dengan demikian maka diharapkan kepada siswa untuk lebih memperhatikan setiap penjelasan yang disampaikan agar dalam menyelesaikan permasalahan tidak terjadi kesalahan, sedangkan untuk guru diharapkan lebih memperhatikan perkembangan siswa dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran menjadi lebih maksimal.


Full Text:

PDF

References


Hasbullah. 2005. Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta. Penerbit: Raja Grasindo Persada.

Muhkal, M. 2003. Modul Kuliah. Pengembangan Rencana Penbelajaran Matematika di SLTP dan SMU. Makassar: FMIPA UNM.

Mulyadi. 2010. Petunjuk Perangkat Pembelajaran. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suherman, E. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Syah, M. 2016.Psikologi Pendidikan Dalam Pendekatan Baru. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Usman. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.