PERAN DAN ANDIL KEPALA SEKOLAH DAN DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDA ACEH DALAM PENYUSUNAN PERENCANAAN PENGEMBANGAN MUTU GURU

Faisal Anwar, Musriadi Musriadi, Khairil Ansari Khairil Ansari, Darwin Darwin

Abstract


Baik buruknya kualitas guru tergantung bagaimana pengaturan manajemen pengelola pendidikan disekolah dalam meningkatkan Kinerja Guru dapat dilakukan melalui peningkatan setiap aspek kompetensi guru, baik pada proses pembuatan program, pelaksanaan kegiatan sampai kepada evaluasi atau pengawasan. Atas pemikiran dan pertimbangan diatas penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: Peran dan Andil Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan Kota banda Aceh dalam Penyususn Perencanaan Pengembangan Mutu Guru.  Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Perencanaan pengembangan mutu kinerja guru pada sekolah di Kota Banda Aceh; Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang kajiannya bersifat kualitatif-fenomenologi untuk mengungkap makna yang ada di balik fenomena realitas sosial tentang management pengembangan mutu kinerja guru pada SMP Negeri Banda Aceh. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan Wawancara dan Dokumentasi dengan subjek penelitian yaitu Kabid. Pembinaan Ketenagaan, Kasi Kurikulum, Anggota MPD. SMP Negeri Banda Aceh, dengan Subjek, yaitu Kepala Sekolah pada masing-masing sekolah yang diteliti dan Waka. Kurikulum. Hasil penelitiannya menggambarkan bahwa Dalam Proses perencanaan pengembangan Mutu Kinerja guru Sekolah dalam hal ini terlebih dahulu menyusun Tim evaluasi kinerja guru yang terdiri dari beberapa guru senior yang sesuai dengan bidang keahliannya dan melakukan  kerjasama dengan beberapa Dinas terkait diantaranya MPD, Dinas Pendidikan dan Tim Supervisi, Dinas  pendidikan  membuatkan program berupa program jangka pendek dan program jangka panjang untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dilapangan.


Full Text:

PDF

References


Asrar-ul-Haq, M. and Kuchinke, K. P. 2016. ‘Impact of leadership styles on employees’ attitude towards their leader and performance: Empirical evidence from Pakistani banks’, Future Business Journal, 2(1), pp. 54–64. doi: 10.1016/j.fbj.2016.05.002.

Atmanti, D. H. 2005. ‘Investasi sumber daya manusia melalui pendidikan’, Jurnal Dinamika Pembangunan (JDP), 2(1), pp. 30–39.

Bergman, J. Z., Westerman, J. W. and Daly, J. P. 2010. ‘Narcissism in management education’, Academy of Management Learning and Education, 9(1), pp. 119–131. doi: 10.5465/AMLE.2010.48661195.

Briody, E., Meerwarth Pester, T. and Trotter, R. 2012. ‘A story’s impact on organizational‐culture change’, Journal of Organizational Change Management, 25(1), pp. 67–87. doi: 10.1108/09534811211199600.

Bustamam-ahmad, K. 2007. ‘The Application Of Islamic Law In Indonesia : The Case Study of Aceh 1’, Journal of Indoneian Islam, 1(1), pp. 135–180. doi: 10.15642/JIIS.2007.1.1.135-180.

Badruzzaman Ismail, Perkembangan Pendidikan Di Daerah Istimewa Aceh, (Banda Aceh: Gua Hira’, 1993), hal. 540-542

Colquitt, Lepine, W. 2011. ‘Manajemen kinerja’, in Manajemen Kinerja/Wibowo -Jakarta: Rajawali Pers, p. 179.

Hassen, R. and Linguistics, A. 2016. ‘Female Teachers ’ Professional Development through Action Research Practice’, 7(22), pp. 6–18.

Ivancevich, S. H., Ivancevich, D. M. and Elikai, F. 2010. ‘Accounting Software Selection and Satisfaction.’, CPA Journal, 80(1), pp. 66–72. doi: Article.

Kunandar (2014 ) Penilaian Autentik penilaian hasil baru peserta dudidk jakarta : raja grafindo persada

Kamaruddin, Z. Bin. 2008. ‘Penglibatan Guru Dalam Membuat Keputusan, Sokongan Organisasi Dan Komitmen Kerja’, Universiti Sains Malaysia.

Kemdikbud. 2012. ‘Kebijakan pengembangan profesi guru’, pp. 4–41.

Komara, Endang dan Mauludin, Anang. 2016. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru, Bandung : Rafika Aditama

Mustika Indira. 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Team Teaching Di SMK, Educational Managemen Unnes.

MPD, Qanun Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam No. 23 Tahun 2002 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Banda Aceh, MPD Aceh, 2004.

, Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Banda Aceh: MPD, 2009.

Usman Husaini. 2014. Manajemen, teori, praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara

Tamuri, A. B. H., Khairul, M. and Ajuhary, A. 2010. ‘Amalan Pengajaran Guru Pendidikan Islam Berkesan Berteraskan Konsep Mu ‘ allim’, Journal of Islamic and Arabic Education, 2(1), pp. 43–56.

Tanuwibowo, J. C. and Sutanto, E. M. 2014. ‘Hubungan Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasional pada Kinerja Karyawan’, Jurnal trikonomika, 13(2), pp. 136–144.

Ulfah, M. 2014. ‘Pengembangan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Paikem) Di Sekolah Taman Kanak-Kanak Fullday’, Pawiyatan, 20(2), pp. 59–74.

Wardani, D. M., Herpratiwi, H. and Sasmiati, S. 2015. ‘Evaluasi Kinerja Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran’, Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Semnas ini di index oleh :