Jurnal Biology Education 2015

Musriadi Aswad

Abstract


PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING  TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA PADA KONSEP

JAMUR SMA KOTA BANDA ACEH

 

1Musriadi 2Rubiah

Dosen Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Serambi Mekkah

Musriadi.biologi@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Model Pembelajaran dalam pendekatan kontekstual adalah model problem based learning merupakan suatu model dalam pembelajaran yang membantu siswa untuk menemukan masalah dari suatu peristiwa yang nyata, mengumpulkan informasi melalui strategi yang telah ditentukan sendiri untuk mengambil satu keputusan pemecahan masalahnya yang kemudian akan dipresentasikan dalam bentuk unjuk kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa pada konsep jamur (fungi)  yang dibelajarkan dengan model problem based  learning dan hasil belajar siswa yang  dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional; (2)  kemampuan kerja ilmiah siswa pada konsep jamur (fungi) yang dibelajarkan dengan model problem based learning dan  kemampuan kerja ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Metode dalam  penelitian adalah metode Quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa   kelas X  semester ganjil  pada Tahun Ajaran 2014, yang berjumlah 4 kelas paralel. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling  terdiri dari kelas eksperimen  (Problem based learning) dan kelas kontrol (Pembelajaran konvensional). Teknik analisis data dilakukan dengan uji t dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang dibelajarakan dengan model PBI dengan pembelajaran konvensional, thitung = 4,269, t-tabel = 2,055 (2) terdapat perbedaan skor kemampuan kerja ilmiah siswa yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model PBI dengan pembelajaran konvensional, thitung = 2,982, t-tabel= 2,055 Hasil penelitian menunjukkan: (1)  hasil belajar siswa konsep jamur (fungi)  dengan model PBI (0,58)  lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (0.32). (2)  Skor kemampuan kerja ilmiah siswa dengan model PBI (76) lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (74).

 

Kata Kunci:      model problem based learning, hasil belajar, kerja imiah siswa, dan konsep jamur



DOI: https://doi.org/10.32672/jbe.v4i2.969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Biology Education



Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Biologi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Serambi Mekkah

Email: jurnalbiologieducation@serambimekkah.ac.id

 Alamat:

Jl. Unmuha, Batoh, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh 23245