PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AJAR INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Nuraini Nuraini, Muhammad Ridhwan, Azwir Azwir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi ajar interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII semester genap Tahun Ajaran 2018/2019 Pada SMP Negeri 2 Mesjid berjumlah 52 siswa. Sampel penelitian sebanyak 52 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas Pembelajaran pemanfaatan lingkungan sekolah (Eksperimen) dan 26 siswa kelas konvensional (Kontrol). Analisis data eksperimen untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa dengan uji-t (Independent Sample t-test),. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai rata-rata N-gain untuk kelas pembelajaran pemanfaatan lingkungan sekolah adalah 60,64 (sedang) dan kelas konvensional adalah 48,72 (sedang). Hasil uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 4,61 dan ttabel 2,009 sehingga diperoleh t-hitung 4,61 > t-tabel 2,009 pada taraf signifikan α 0,05,. Kesimpulan dari hasil terdapat peningkata hasil belajar siswa melalui pemanfaatan lingkungan Sekolah sebagai media pembelajaran pada materi ajar interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar

 


Keywords


Model pemanfaatan lingkungan sekolah, Hasil Belajar, dan interaksi makhluk hidup dengan lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Allen, D. & Tanner, K. 2003. Approaches to Cell Biology Teaching: Learning Content in Context – Problem-Based Learning. Cell Biology Education, 2: 73-81.

Arends, R. I. 2008. Learning To Teach. Belajar untuk Mengqjar. Edisi Ketujuh. Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Erlina. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di SMP Negeri 1 Merbau. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Medan: Program Pascasarjana Unimed.

Ibrahim M & M. Nur. 2002. Pembelajaran Berdasar Masalah. Surabaya: UNESA-University Press.

Meltzer, 2002) tentang gain

Ruseffendi, E.T. 1998. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakla Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sagala, 2011 tentang pembeljaran

Sudjana, 2005. Strategi Pembelajaran. Cetakan Keempat. Edisi Revisi. Bandung: Falah Production.




DOI: https://doi.org/10.32672/jbe.v8i2.2367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nuraini Nuraini, Muhammad Ridhwan, Azwir Azwir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Biologi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Serambi Mekkah

Email: jurnalbiologieducation@serambimekkah.ac.id

 Alamat:

Jl. Unmuha, Batoh, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh 23245