Estimasi Penurunan Emisi Pencemar Udara Pengaruh Dari Pengoperasian Bus Rapid Transit (BRT) Di Kota Bandung
Abstract
Peningkatan volume kendaraan bermotor sejalan dengan perkembangan jumlah penduduk di suatu kota dimana emisi dari sektor ini dapat berdampak terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan sekitar, upaya pemerintah Kota Bandung dalam mengatasi hal ini adalah dengan menjalankan program Bus Rapid Transit (BRT). Penelitian ini bertujuan sebagai studi kelayakan dengan mengestimasi besaran emisi dari sumber bergerak serta dampak penurunan emisi terhadap operasional BRT menggunakan aplikasi model TEEMP. Estimasi beban emisi diperoleh dari metode perhitungan berbasis panjang perjalanan rerata kendaraan per tahun (VKT) dimana total beban emisi yang dihasilkan di Kota Bandung tahun 2020 yaitu parameter CO sebesar 200.085 ton/tahun, NOx sebesar 29.175 ton/tahun, SOx sebesar 680 ton/tahun, dan PM sebesar 7.657 ton/tahun. Pengoperasian model TEEMP dilakukan dalam beberapa skenario yang bervariasi terhadap persentase shifting dan pembagian jenis bahan bakar yang digunakan BRT. Semakin besar persentase shifting dari kendaraan pribadi menjadi pengguna BRT maka semakin besar pula nilai penurunan emisi yang terjadi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
S. Antonius, "Pengaruh Daya Beli Masyarakat Terhadap Nilai Penjualan Ikan Lele Di Desa Ganjaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu," JMK, 08, 2010.
B. P. Statistik, "Kota Bandung Dalam Angka," Bandung : BPS Kota Bandung, 2020.
M. A. Zaky, "Analisis Beban Pencemar Udara SO2, NO2 dan HC Dengan Pendekatan Line Source Modeling (Studi Kasus Di Jalan Magelang Yogyakarta," Widyariset, vol. 15, pp. 499-508, 2012.
S. S. Linna, "Tingkat Pencemaran Udara CO Akibat Lalu Lintas Dengan Model Prediksi Polusi Udara Skala Mikro," Media Engineering, vol. 01, pp. 119-126, 2011.
T. B. Turkington, "The Impact of Global Warming on Sea Surface Temperature Based ElNino Southern Oscillation Monitoring Indices," International Journal of Climatology RMetS, 2018.
ITDP, "Konsep Desain dan Rencana Implementasi Bus Rapid Transit di Kota Medan," Jakarta: Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) Indonesia, 2018.
KLHK RI, "Pedoman Teknis Penyusunan Inventarisasi Emisi Pencemar Udara Perkotaan," Jakarta, 2013.
IPCC, "IPCC Guidelines for National Greenhouse Gas Inventories", Japan: IGES, 2006.
N. T. K. Oanh, "Assesment of Urban Passenger Fleet Emissions to Quantify Climate and Air Quality Co-Benefits Resulting from Potential Interventions." Carbon Management Journal, vol. 09, pp. 367-381, 2018.
D. B. Yoga, "Inventarisasi Emisi Pencemar Kriteria dan Gas Rumah Kaca dari Sektor Transportasi On-Road di Kota Bandung menggunakan Model International Vehicle Emissions (IVE)," Bandung: Institut Teknologi Nasional, 2019.
D. Perhubungan, "Data Traffic Volume dan Jumlah Kendaraan Teregristrasi Kota Bandung," 2020.
E. John, "Initiating Bus Rapid Transit in Jakarta, Indonesia," Transportation Research Record: Journal of the Transportation Research Board, No. 1903, Transportation Research Board of the National Academies, Washington, D.C., 2005, pp. 20–26, 2006.
TEEMP Guide, "Manual for Calculating Greenhouse Gas Benefits of Global Environment Facility Transportation Projects," New York: Institute for Transportation and Development Policy, 2011.
S. Astri, "Analisis Tingkat Risiko Paparan NOx terhadap Pekerja di Gardu Tol Akibat Volume Kendaraan di Pintu Tol Jagorawi Bogor," JSIL, vol. 04, pp. 49-57, 2019.
C. Sudjoko, "Strategi Pemanfaatan Kendaraan Listrik Berkelanjutan Sebagai Solusi Untuk Mengurangi Emisi Karbon," Jurnal Paradigma, vol. 2, pp. 54-68, 2021.
A. Rismana, "Analisis Energi dan Emisi CO2 Rencana Bus Listrik di YogyakartaStudi Kasus Trans Jogja," Jurnal Otomasi Kontrol dan Instrumentasi, vol. 11, 2019.
DOI: https://doi.org/10.32672/jse.v8i2.5679
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Bekerjasama dengan Native Proofreading