Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Skill Grammar Siswa MTS At-Taqwa 17 Bekasi

Aprilia Ristiyana, Novi Andriani, Rahmawati Junita, Uli Nur Abidah, Sri Watini

Abstract


Abstrak - Pendidikan merupakan aspek penting dalam pembentukan generasi masa depan yang kompeten. Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan tantangan utama bagi sekolah dalam menghadapi perubahan zaman dan teknologi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan menarik, seperti TV sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan TV sekolah sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Siswa dari tingkat SMP, yang terdiri dari berbagai tingkat kemampuan tata bahasa, dilibatkan dalam penelitian ini. Pendekatan penelitian menggunakan teknik observasi dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Siswa dari sekolah menengah pertama dengan berbagai tingkat kemampuan tata bahasa dilibatkan dalam penelitian ini. Mereka diberi kesempatan untuk menonton program pendidikan yang disiarkan di TV sekolah yang dikhususkan untuk meningkatkan dan meningkatkan keterampilan tata bahasa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan TV sekolah sebagai media pembelajaran digital dapat mengembangkan kemampuan siswa MTS At Taqwa 17 Bekasi.

Kata Kunci : TV sekolah, Media pembelajaran digital, Siswa SMP

 

Abstract - Education is an important aspect of the formation of competent future generations. Improving the quality of learning is a major challenge for schools in dealing with changing times and technology. One effort that can be made is to utilize innovative and interesting learning media, such as school TV. This study aims to explore the use of school TV as a learning medium to improve junior high school students' grammar skills. This study uses a qualitative research approach with observation and interview methods as data collection instruments. Students from the junior secondary level, consisting of various levels of grammar abilities, were involved in the research. This study used a qualitative research approach with observation and interview methods as data collection instruments. Students from junior high school with various levels of grammar abilities were involved in this study. They were given the opportunity to watch educational programs broadcast on school TV that were devoted to improving and enhancing grammar skills. The results of this study can be concluded that the use of school TV as a digital learning medium can develop the abilities of  MTS students at Taqwa 17 Bekasi.

Key Word : TV sekolah, Media pembelajaran digital, Siswa SMP

Keywords


TV sekolah, Media pembelajaran digital, Siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Damayanti, Y., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.737

Elliza, E., & Watini, S. (2022). TV Sekolah Sebagai Media Meningkatkan Kreativitas Guru Di TKIT Ar-Rahman 1. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3). https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1747-1758.2022

Gunawan Tambunsaribu, & Yusniaty Galingging. (2021). MASALAH YANG DIHADAPI PELAJAR BAHASA INGGRIS DALAM MEMAHAMI PELAJARAN BAHASA INGGRIS. DIALEKTIKA: JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA, 8(1). https://doi.org/10.33541/dia.v8i1.3110

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1). https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Italiana, F., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di TK dalam Meningkatkan Kreativitas Guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.486

Lisa, J. L., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2019). ANALISIS INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3). https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6782

Pawlak, M. (2018). Grammar learning strategy inventory (GLSI): Another look. Studies in Second Language Learning and Teaching, 8(2 Special Issue). https://doi.org/10.14746/ssllt.2018.8.2.8

Peday, Y., & Watini, S. (2022). Implementasi Media TV Sekolah sebagai Pembelajaran Daring di TK Pertiwi VI Manokwari. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.498

Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1708

Samad, P., & Munir, F. S. (2022). The Utilizing of Mentimeter Platform in Enhancing the EFL Students’ English Skills in Digital Era. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.4380

Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823

Supriati, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Media TV Sekolah di TK Carsa Kids. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3). https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1633-1640.2022

Suwardi, F. L., & Watini, S. (2022). Implementasi Siaran TV Sekolah Sebagai Media Informasi Efektif di LKP Fitri Pandeglang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2). https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.887-892.2022

Syahdan, S., & Azkiya Ali, F. (2022). A CALL FOR THE 21st CENTURY LEARNING: EMBEDDING CHARACTER EDUCATION IN THE ENGLISH WORKHEETS. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(1). https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.8035

Trihantoro, A., Hidayat, D. R., & Chanum, I. (2016). PENGARUH TEKNIK BIBLIOTERAPI UNTUK MENGUBAH KONSEP DIRI SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tangerang). INSIGHT: JURNAL BIMBINGAN KONSELING, 5(1). https://doi.org/10.21009/insight.051.02

Wayan, I., Santika, E., Studi, P., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1). https://doi.org/10.23887/IVCEJ.V3I1.27830

Yulianah, N., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Komunikasi yang Efektif di RA Senyum Muslim. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3). https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1841-1848.2022




DOI: https://doi.org/10.32672/jnkti.v6i4.6510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

The Journal has been Indexed by :

                   

 

BARCODE P-ISSN dan E-ISSN

Copyright © Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) . Prodi Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Serambi Mekkah

 Creative Commons License

JNKTI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.