Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah Binaan Dalam Menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) Melalui Supervisi Manajerial dengan Menggunakan Metode Monitoring dan Model Investigasi Kelompok di Kabupaten Aceh Barat

Nursimah Nursimah

Sari


Kepala sekolah merupakan manajer atau pemimpin di sebuah sekolah. Peran kepala sekolah sangat penting dalam melahirkan generasi yang berkualitas. Oleh sebab itu, kepala sekolah harus kompeten dan profesional, berkinerja, terampil dalam menyusun program Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan melaksanakannya. Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM). Manfaat yang dapat diperoleh adalah dapat meningkatkan kinerja tiga kepala sekolah binaan dalam menyusun menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM). Objek penelitian adalah tiga kepala sekolah binaan yaitu: kepala SMA Negeri I Bubon, kepala SMAS Islam Serambi Mekkah dan kepala SMAS Darul Aitami. Penelitian dilaksanakan dalam dua (2) siklus. Hasil yang diperoleh pada prasiklus masih rendah yaitu cukup, sedang, dan sedang. Hasil siklus I sudah mengalami peningkatan namun belum maksimal yaitu baik, cukup, dan cukup. Sedangkan hasil siklus II ketiga kepala sekolah memperoleh hasil sudah sangat baik., maka tidak dilanjut lagi dengan siklus III karena sudah mencapai hasil yang diharapkan. Kesimpulannya, melalui supervisi manajerial dengan menggunakan metode monitoring dan model investigasi kelompok dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah binaan dalam menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) pada tiga sekolah binaan di Kabupaten Aceh Barat berhasil dengan sangat baik.
Kata kunci: kinerja, supervisi manajerial, dan monitoring

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Fiqqi Ibrahim. 2008. Menuju Tangga Kesuksesan. Solo: Abyan Solo.

Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum . Jakarta: CV.Reneka Cipta.

Direktorat PSMA . 2014. Model Penilaian di SMA. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. 2014. Bahan Pembelajaran Umum RKJM dan RKAS. Jakarta. PPTK BPSDMP dan KPMP.

Kemdikbud. 2016. Bahan Pembelajaran Umum Pengelolaan RKJM. Jakarta. Dirjen PTK Dikdasmen.

Mulyasa. 2004. Teknologi Pendidikan. Bandung: Jemmars.

Purwanto, M. Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:Alfabeta

Suryadi. 1993 , Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung.

Tim Sekretaris. 2017. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.