PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X IPA PADA MAN KUALA MAKMUR KABUPATEN SIMEULUE

Abusmar Abusmar

Abstract


Absrak :
Peran guru dalam kegiatan pembelajaran sangat penting untuk memotivasi siswa tentunya tidak telepas adanyan metode yang diterapkan. Peneliti membahas tentang “Penerapan metode tanya jawab dan demonstrasi dalam pembelajaran fiqih untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa di kelas x ipa pada MAN Kuala Makmur Kabupaten Simeulue.Permasalahannya adalah Apakah dengan metode tanyajawab dan demontrasi dalam pembelajaran fiqih dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada MAN Kuala Makmur dpat meningkat?. Palaksanaan Penelitian dapat dilakukan dengan 3(tiga) siklus secara kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari siklus 1 s/d 3 menunjukkan bahwa dengan penerapan metode tanyajawab dan demontrasi dapat meningkatkan motivasi siswa khususnya pada pembelajaran fiqih. Tindakan ini pada pembelajaran sebelumnya siswa tidak menujukan kreatif malah membosankan.

Kata Kunci: Metode Tanya Jawab, Metode Demostran, Pembelajaran Fiqih

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi, Prof., Dr., Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Edisi Revisi V. Jakarta. Rineka Cipta. 2002.

Imansjah Alipandie, 1984. Detaktik Metode Pendidikan Umum. Usaha Nasional, Surabaya.

Moh. Uzer Usman, 1992. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosda Karya, Bandung




DOI: https://doi.org/10.32672/si.v17i2.541



INDEXING ;

                   

SUPPORTED BY

   

Jurnal Serambi Ilmu
e-ISSN: 2549-2306
p-ISSN: 1693-4849
Website: https://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-ilmu
Email: abubakar@serambimekkah.ac.id
Published by: FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
Office: Jln. Unmuha, Banthoh, Banda Aceh Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub