PORTOFOLIO ASSESSMENT PADA GEOMETRI BIDANG PGSD: PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN

Burhanuddin Burhanuddin, Murni Murni

Abstract


Abstrak
Dalam memahami kosep-konsep, geometri bidang dianggap mata kuliah salah satu mata kuliah yang sukar. Hal ini di sebabkan karena geometri bidang dianggap mempunyai tingkat kesukaran yang tinggi dan sulitnya penyesuaian mahasiswa dengan pembelajaran yang ada di dunia barunya yaitu universitas. Selain itu, penilaian dosen juga dianggap lebih menitikberatkan pada aspek kognitif saja. Oleh karena itu, perlu adanya penilaian yang dapat mengembangkan kesuluruhan aspek (kognitif, afektif, psikomotorik, dan emosional) yaitu authentic assessment dengan portofolio.Target khusus dalam penelitian ini adalah: (1) dapat menghasilkan instrumen Portopolio Asessment pada Pembelajaran Giometri Bidang yang dilengkapi dengan kontrak perkuliahan (SAP); (2) Buku Panduan Mahasiswa; (3) Lembar Kerja Mahasiswa; (4) Buku Pegangan Guru SD dalam pembelajaran Giometri Bidang SD; (5) Jurnal Internasional; (6) Jurnal Nasional; (7) Workshop Guru SD Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan dengan sampelnya yaitu mahasiswa PGSD di Universitas Serambi Mekkah, karena diharapkan nantinya mereka dapat mempraktekannya langsung untuk siswa-siswa di SD yang merupakan level awal khususnya dalam mempelajari geometri (Tujuan Jangka Panjang). Pengembangan penelitian ini dilakukan mengikuti 5 (lima) tahapan pengembangan Plomp yang dimodifikasi dengan memandu tahapan pengembangan material (produk) oleh Nieveen dengan memperhatikan 3 aspek kualitas, yakni aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan (Metode). Sehingga diharapkan mendapat suatu penilaian geometri yang menilai keseluruhan aspek. Untuk menyadarkan mahasiswa semakin mengetahui dan menyadari pentingnya selalu meningkatkan Kualitas Kemampuan Berfikir Kritis dalam Melaksanakan Pembelajaran Giometri di SD. Bertujuan agar mahasiswa PGSD semakin mengetahui dan menyadari bahwa aspek penilaian tidak hanya unsur kognitif, melainkan juga aspek psikomotorik dan afektif untuk dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD dalam pembelajaran Giometri Bidang. Bagi Mahasiswa PGSD, dapat dijadikan sebagai tahap awal pelatihan dalam mengaplikasikan kurikulum 2013 pada mata kuliah Pembelajaran Giometri Bidang

Keyword: assessment, portofolio, geometri bidang, PGSD, Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akker, d. v. J., Branch, M.R., Gustafson, K., Nieveen, N., and Plompt, T. 1999. Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht/Boston/London: Kluwer Academic Publishers.

Angari, Angie Siti. 2005. Rubrik sebagai salah satu alat assessment. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika, himpunan Matematika indonesia Bekerjasama dengan SBI MADANIA Parung, Bogor, 9-11 April.

Arikunto, S. 1999. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Borich D, G. 1992. Effective Teaching Method. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Borich, G.D. 1994. Observation Skills for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinnggi Fepdiknas. 2005. Pengembangan Sistem Assessment Berbasis Kompetensi, Buku I Pedoman Umum. Jakarta: Dirjen Dikti.

Doolittle, P.E. & Camp, G.W. 1999. Constructivism : The Career and Technical Education Perspective. Journal of Vocational and Technical Education. Volume 16, Number 1, Fall 1999. (http://scholar.lib.vt.edu/

ejournals/ JVTE/v16n1/doolitle.pdf, diakses 4 Januari 2006)

Grinnell, Jr, R.M. 1988. Social Work Research and Evaluation (Third Edition) Illionis: F.E. Peacock Publisher Inc.

Grounlund, N.E. 1982. Constructing Achievement Test, (Third Edition). Englewood Cliff: Printice-Hall.

Johnson, E.B. 2002. Contextual Teaching and Learning, what it is and why it’s here stay. California: Corwin Press, Inc.

Hudojo, Herman. 2001. Mengembangkan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika: FMIPA UM Malang

Kahfi, Muhammad, Shohibul. 2005. Panduan Belajar Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Maetematika dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Malang. FMIPA UM.

Karim, Muchtar Abdul. 2004. Assessment Authentic dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Makalah Disajikan dalam Seminar Dan Worksop Calon Fasilitator Kolaborasi FMIPA UM-MGMP kota Malang. Malang, 19-20 Maret 2004.

Linn, R.L & Gronlund, N.E. 1995. Measurement and assessment in Teaching. New Jersey: Prentice Hall Regent.

McCallum et.al. 1996. Teacher’s Own Assessment: ed. Craft, A “Primary Education Assessing and Planning Learning”. Routledge.

Plomp, T. 1997. Educational and Training System Design. Enschede, Netherlands: Twente University.

Reigeluth, C.M. 1996. “What is instructional Design Theory and How is It Changing?”. In Reigeluth, C.M. (Ed). Instructional design Theories and Models : A New Paradigm of Instructional.

Richey, R. and Nelson. 1996. “Developmental Research”. In Jonassen (Ed) Handbook of Research for Educational Communications and Technology. New York: Macmillan Simon & Schuster.

Robinson. 1998. Student Portofolio in Mathematics. The Mathematic Theacher.

Rusoni, Elin. 2002. Portofolio dan Pradikma Baru dalam Penilaian Matematika. (http://www.depdiknas.go.id, diakses 05 April 2008)

Savage V. TOM and Amstrong G. David. 1996. Effective Teaching in Elementary Social Studies. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Setyono, B. 2004. Penilaian Authentic dalam KBK. Dalamjurnal Pengembangan Pendidikan Vol. 2, No. 4 tahun 2005.

Slavin E, R. 1997. Educational Psychology Theory and Practice. A Viacom Company.

Surapranata, S.& Hatta, M. 2006. Penilaian Portofolio. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Susilo & Subaidah. 2004. Assessment Portofolio dalam Pembelajaran Matematika dan Sain. Makalah disajikan dalam Seminar dan Workshop Calon Fasilitator Kolaborasi FMIPA UM-MGMP Kota Malang, Malang, 19-20 Maret 2004.

Yasin, Anas. 2002. Penerapan Model Assessment Portofolio pada Pengajaran Bahasa Inggris. Gentengkali. Vol, 4, (3 dan 4) : hlm. 64.

Zainul, A dan Nasoetion, N. 1997. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: PAU untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Ditjen Dikti Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.32672/si.v19i2.488



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Indexing By :

 

 

   

     

     

   

 

Supported