ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
• Abdurrahman, M. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
• Ainun, N., Almukarramah, Roslina, and Asri, K. 2018. Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Himpunan. Jurnal Serambi Ilmu. 19 (2), pp 188-196.
• Anderson, L. W., and Krathwohl, D. R. (Eds.). 2001. A taxonomy for learning, teaching and assessing: A revision of Bloom's Taxonomy of educational objectives: Complete edition, New York : Longman.
• Brookhart, S. M. 2010. How to Assess Higher - Order Thinking Skill in Your Classroom, Virginia: ASCD.
• Cañas, A. J., et. al. 2017 . Developing Higher - Order Thinking Skills with Concept Mapping: A Case of Pedagogic Frailty. Knowledge Management & E-Learning, 9 (3), pp 348–365.
• Farida, Nurul. 2015. Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Aksioma, 4 (2), pp 42-52.
• Harosid, H. 2017. Kurikulum 2013 Revisi 2017. Retrieved from http://aseptiana-parma wati.dosen.stkipsiliwangi.ac.id/files/2017/10/GAMBARAN-UMUM-K13-REVISI-2017.pdf., diakses 20 Maret 2019.
• Heong, Y. M., Widad, J., Kiong, Tee Tze, and Razali, M. 2011. The Level of Marzuno Higher Order Thinking Skills among Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 1 ( 2 ), pp 121 - 125.
• Ibrahim, Akmal, N., Marwan, and Hasan, S. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Serambi Ilmu, 19 (2), pp 120 - 131.
• Kamarullah. 2017. Pendidikan Matemaika Di Sekolah Kita. Jurnal Alkhwarizmi, 1 (1), pp 21-32.
• Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
• King, F. J., Goodson, L. and Rohani, F. 2004. Higher Order Thinking Skill. A publication of the Educational Services Program, now known as the Center for Advancement of Learning and Assessment.
• Kurniati, D., et. al. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20 ( 2), pp 142 -155.
• Krathwohl, D. R. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice, 41 (4), pp 212 - 218.
• Layn, R. M., and Kahar, S. M. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 03 (2), pp 59 – 145.
• Moloeng, L., J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya.
• Rofiah, E., et. al. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Higher Order Think ing Sk ill ( HOT S) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpik ir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/ MTs. Jurnal Pendidikan IPA (Inkuir i) , 7 (2), pp 285-296.
• Roslina, Ainur, N., and Setiawati, Sri. 2018. Pembelajaran Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Datar Pada Siswa SD. Jurnal Serambi Ilmu, 19 (1), pp 50 - 56
• Rubin, J., and Rajakaruna, M. 2015. Teaching and Assessing Higher Order Thinking in the Mathematics Classroom with Clickers. ISER P ublications: Mathematics Education, 2015, 10 (1), pp 37-51
• Ulifa, S. N., and Effendy, Z. 2014. Hasil Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Relasi. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. 2 (1), pp, 123 - 133.
• Shid iq, A. S., et. al. 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian Two-tier Multip le Choice untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ( Higher Order Thinking Skills ) pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Jurnal Pendidikan K imia, 3 (4), pp. 83-92
• Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Indonesia. Jakarta: Depdiknas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Indexing By :
Supported