PELAKSANAAN MGMP DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Fakrurridha Fakrurridha, Nurdin Nurdin

Abstract


Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan wadah asosiasi atau perkumpulan bagi para guru mata pelajaran yang berada di suatu sanggar, sekolah kabupaten/kota yang berfungsi sebagai sarana untuk saling berkomunikasi, sarana silaturrahmi antar guru, dan bertukar pikiran dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja guru sebagai praktisi/pelaku perubahan reorientasi pembelajaran di kelas. Kenyataan yang ditemui di lapangan, saat ini kiprah MGMP khususnya MGMP tingkat Madrasah Tsanawiyah secara umum belum berjalan secara optimal sebagaimana yang diharapkan. Bahkan dibeberapa tempat khususnya pada tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi, hal ini tidak berjalan sama sekali, padahal wadah ini sebagai suatu wadah untuk menyatukan semua perpsepsi di antara guru dan kepala madrasah. Penelitian ini ditujukan untuk memperoleh gambaran tentang: Pelaksanaan musyawarah guru mata pelajaran Agama Islam/MGMP yang sesuai dengan kebutuhan peningkatan profesionalisme dan kinerja mengajar guru mata pelajaran, pengaruh musyawarah guru mata pelajaran/MGMP terhadap peningkatan profesionalisme guru, dan pengaruh musyawarah guru mata peiajaran/MGMP terhadap peningkatan kinerja mengajar guru pada tingkat MTs Kota Langsa. Teknik pengumpulan data yaitu obsevasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan program peningkatan kemampuan profesional guru melalui MGMP berorientasi pada panduan dan juga berdasarkan kebutuhan dilapangan, disamping itu juga diinovasikan untuk menyesuaikan program dengan tuntutan-tuntutan pembaharuan pendidikan. Dalam materi kegiatan yang disusun sudah mencantumkan hal-hal baru yang memenuhi syarat sebagai suatu perencanaan yang baik, faktual, rasional, fleksibel, komitmen dan komprehensif. Pelaksanaan MGMP PAI pada MTs Kota Langsa telah berjalan sesuai dengan jadwal serta berjalan dengan lancar.

Keywords


Profesional dan Guru

Full Text:

PDF

References


• Agus Mahfud, (2013). Ilmu Pendidikan Islam Pemikiran Gus Dur, Yokyakarta: Penerbit Nadi Pustaka

• Departemen Agama RI, (1989), Al-Qur’an dan Terjemahnya, Surabaya: Mahkota

• Depdikbud, (1995), Pedoman Pembinaan Profesional Guru, Jakarta, Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah

• Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

• Ibrahim Ridwan, (2004), Panduan Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Pola MGMP, NAD, Proyek Peningkatan Mutu, Dinas Pendidikan

• Mulyasa, E, (2003), Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosda Karya

• Mulyasa, E. 2006.Kurikulum yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.Bandung: Remaja Rosda Karya

• -----------, (2005), Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya

• Nasution, S, (2003), Metode Research, Jakarta: PT Bumi Aksara

• Soekanto, Soerjono,(2005), Pengantar Penelitian Hukum, (Jakarta: Rajawali Pers, 2005)

• Surya, Muhammad, (2006), Pengembangan Profesi Guru, Makalah pada Pemilihan Guru Prestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional, di Jakarta

• Sule, Ernie Tisnawati dan Kurniawan Saefullah, (2005), Pengantar Manajemen, Jakarta; Pranada Media

• Tabrani A, Rusyan, (1997), Manajemen sekolah Dasar, Jakarta, Rineka Kerja

• Tobroni, Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis, dan Spiritualitas (Malang: UMM Press, 2008), 11

• Usman, M. U. (2005). Menjadi guru profesional. Cet. Kesembilan belas.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

• Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdikbud

• Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Jakarta, Depdiknas.

• Yamin, Martinis dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung

Persada Press

• Aisah, S.A.S., 2018. PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA KEPALA SEKSI PENDIDIKAN. JURNAL SERAMBI ILMU, 19(2), pp.72-87.

• Zainuddin, Z., 2018. Peranan Pedamping Wilayah Dalam Peningkatan Ketrampilan Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Supervisi Pembelajaran. JURNAL SERAMBI ILMU, 19(2), pp.154-181.

• Jumala, N.J.N. and Abubakar, A., 2019. INTERNALISASI NILAI-NILAI SPIRITUAL ISLAMI DALAM KEGIATAN PENDIDIKAN. JURNAL SERAMBI ILMU, 20(1), pp.160-173.




DOI: https://doi.org/10.32672/si.v20i2.1456

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Indexing By :

 

 

   

     

     

   

 

Supported