UPAYA PENGEMBANGAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING

Coryna Oktaviani, Cut Nurmaliah, Mahidin Mahidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan psikomotorik peserta didik melalui implementasi problem based learning pada materi laju reaksi. Data penelitian ini dikumpulkan pada bulan oktober 2018 di SMAN 4 Banda Aceh melalui pre-experimental one-group pretest-posttest design. Pemilihan sampel secara purposive diperoleh peserta didik kelas XI IA-3 yang berjumlah 30 orang dari populasi 5 kelas XI IA. Lembar observasi psikomotorik peserta didik yang telah disiapkan sebagai instrumen dinilai oleh observer berjumlah enam orang, selanjutnya dianalisis dengan rumus perbandingan untuk memperolah data dalam bentuk nilai. Nilai yang diperoleh dari 10 item penilaian lembar psikomotorik menujukkan bahwa didapatkannya nilai yang sempurna dengan kategori sangat baik yaitu 4, seperti menuliskan kajian teoritas, rumusan masalah, prosedur kerja, dan bentuk fisik. Sedangkan item lainnya mendapatkan nilai di sekitaran 3,5; 3,7; 3,8; dan 3,9 yang masih dikategorikan rata-rata sangat baik juga. Berdasarkan hasil dari pengolahan data enam kelompok keseluruhan diperolehlah bahwa psikomotorik peserta didik mengalami peningkatan yaitu sebesar 95 dengan kategori sangat baik. Sehingga untuk penelitian lanjutan dapat disarankan melakukan penilaian psikomotorik berbasis mutiple intelligence dengan Problem Based Learning dengan menyiapkan lembar rubrik yang sesuai.

Full Text:

PDF

References


• Aziz, M.S., Zain, A.N.N., Samsudin, M.A.B. dan Saleh, S.B. 2014. The Effects of Problem-Based Learning on Self-Directed Learning Skills Among Physics Undergraduates. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 3(1), pp.126-137.

• Bilgin, I., Senocak, E. dan Sözbilir, M. 2009. The Effects of Problem-Based Learning Instruction on University Students’ Performance of Conceptual and Quantitative Problems in Gas Concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Saince & Technology Education, 5(2), pp.153-164.

• Ersoy, E. dan Başer, N. 2014. The Effects Of Problem-Based Learning Method In Higher Education On Creative Thinking. Procedia–Social and Behavioral Sciences, 116, pp.3494-3498.

• Jailani, J., Abubakar, A. dan Anwar, A. 2018. Implementasi Pendekatan Science Technology Society (Sts) Pada Materi Pokok Lingkungan Hidup Sebagai Upaya Peningkatan Life Skill Siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 19(2), pp132-142.

• Oktaviani, C., Nurmaliah, C., dan Mahidin, M. 2017. Implementasi Model Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Di SMAN 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), pp.12-19.

• Resa, B. (echachem92@gmail.com). 31 Januari 2017. Artikel Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Laju Reaksi di Kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Email kepada Coryna Oktaviani (corynaoktaviani@yahoo.co.id).

• Riadi, M., Armi, A. dan Surya, E. 2017. Keterampilan Proses Sains Berbasis Inquiry Pada Praktikum Botani Tumbuhan Rendah Pada Calon Guru Pendidikan Biologi FKIP Pendidikan Biologi Universitas Serambi Mekkah. Jurnal Biology Education, 6(1), pp.51-55.

• Sardinah, Tursinawati dan Noviyanti. 2012. Relevansi Sikap Ilmiah Siswa Dengan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelasanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA Di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13(2), pp.70-80.

• Sari, F.R., Fadiawati, N. dan Tania, L. 2015. Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2), pp.556-567.

• Simanjuntak, M.P. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Metakognisi Mahasiswa. Jurnal INPAFI, 1(1), pp.53-60.

• Sugiarti. 2018. Penilaian Psikomotor Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. Journal of Physics and Science Learning, 2(1), pp.78-84

• Suharta dan Luthan, P.L.A. 2013. Application of Cooperative Problem-Based Learning Model to Develop Creativity and Foster Democracy, and Improve Student Learning Outcomes in Chemistry in High School. Journal of Education and Practise, 4(25), pp.55-61.

• Surmiyati, Kristayulita, Patmi, S. 2014. Analisis Kemampuan Kognitif Dan Kemampuan Afektif Terhadap Kemampuan Psikomotor Setelah Penerapan KTSP. Beta, 7(1), pp.25-36.

• Surya, E dan Fitri, R. 2016. Pengaruh Penerapan Model Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan di Kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 17(2).

• Tim Pustaka Yustisia. 2008. Panduan Penyusunan KTSP Lengkap (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) SD, SMP, dan SMA. Jakarta: PT Buku Kita.

• Utomo, T., Wahyuni, D. dan Hariyadi, S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi UNEJ, 1(1), pp.5-9

• Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

• Yulianingtias, H.P., Tiwow, V.M.A. dan Diah, A.W.M. 2016. Pengaruh Model Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 3 Palu. Jurnal Mitra Sains, 4(2), pp.62-70.

• Zheng, L., Proctor, R.W. dan Salvendy, G. 2011. Can Traditional Divergent Thinking Tests Be Trusted in Measuring and Predicting Real-World Creativity. Creativity Research Journal, 23(1), pp.24-37.




DOI: https://doi.org/10.32672/si.v20i2.1454

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Indexing By :

 

 

   

     

     

   

 

Supported