UPAYA PENGEMBANGAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Full Text:
PDFReferences
• Aziz, M.S., Zain, A.N.N., Samsudin, M.A.B. dan Saleh, S.B. 2014. The Effects of Problem-Based Learning on Self-Directed Learning Skills Among Physics Undergraduates. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 3(1), pp.126-137.
• Bilgin, I., Senocak, E. dan Sözbilir, M. 2009. The Effects of Problem-Based Learning Instruction on University Students’ Performance of Conceptual and Quantitative Problems in Gas Concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Saince & Technology Education, 5(2), pp.153-164.
• Ersoy, E. dan Başer, N. 2014. The Effects Of Problem-Based Learning Method In Higher Education On Creative Thinking. Procedia–Social and Behavioral Sciences, 116, pp.3494-3498.
• Jailani, J., Abubakar, A. dan Anwar, A. 2018. Implementasi Pendekatan Science Technology Society (Sts) Pada Materi Pokok Lingkungan Hidup Sebagai Upaya Peningkatan Life Skill Siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 19(2), pp132-142.
• Oktaviani, C., Nurmaliah, C., dan Mahidin, M. 2017. Implementasi Model Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Di SMAN 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), pp.12-19.
• Resa, B. (echachem92@gmail.com). 31 Januari 2017. Artikel Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Laju Reaksi di Kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Email kepada Coryna Oktaviani (corynaoktaviani@yahoo.co.id).
• Riadi, M., Armi, A. dan Surya, E. 2017. Keterampilan Proses Sains Berbasis Inquiry Pada Praktikum Botani Tumbuhan Rendah Pada Calon Guru Pendidikan Biologi FKIP Pendidikan Biologi Universitas Serambi Mekkah. Jurnal Biology Education, 6(1), pp.51-55.
• Sardinah, Tursinawati dan Noviyanti. 2012. Relevansi Sikap Ilmiah Siswa Dengan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelasanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA Di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13(2), pp.70-80.
• Sari, F.R., Fadiawati, N. dan Tania, L. 2015. Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2), pp.556-567.
• Simanjuntak, M.P. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Metakognisi Mahasiswa. Jurnal INPAFI, 1(1), pp.53-60.
• Sugiarti. 2018. Penilaian Psikomotor Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. Journal of Physics and Science Learning, 2(1), pp.78-84
• Suharta dan Luthan, P.L.A. 2013. Application of Cooperative Problem-Based Learning Model to Develop Creativity and Foster Democracy, and Improve Student Learning Outcomes in Chemistry in High School. Journal of Education and Practise, 4(25), pp.55-61.
• Surmiyati, Kristayulita, Patmi, S. 2014. Analisis Kemampuan Kognitif Dan Kemampuan Afektif Terhadap Kemampuan Psikomotor Setelah Penerapan KTSP. Beta, 7(1), pp.25-36.
• Surya, E dan Fitri, R. 2016. Pengaruh Penerapan Model Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan di Kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 17(2).
• Tim Pustaka Yustisia. 2008. Panduan Penyusunan KTSP Lengkap (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) SD, SMP, dan SMA. Jakarta: PT Buku Kita.
• Utomo, T., Wahyuni, D. dan Hariyadi, S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi UNEJ, 1(1), pp.5-9
• Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
• Yulianingtias, H.P., Tiwow, V.M.A. dan Diah, A.W.M. 2016. Pengaruh Model Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 3 Palu. Jurnal Mitra Sains, 4(2), pp.62-70.
• Zheng, L., Proctor, R.W. dan Salvendy, G. 2011. Can Traditional Divergent Thinking Tests Be Trusted in Measuring and Predicting Real-World Creativity. Creativity Research Journal, 23(1), pp.24-37.
DOI: https://doi.org/10.32672/si.v20i2.1454

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Indexing By :
Supported