PENGEMBANGAN KINERJA PERGURUAN TINGGI MELALUI MANAJEMEN BERBASIS INSTITUSI (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDikti 13 Aceh)

Bansu Irianto Ansari, Burhanuddin AG

Abstract


Pendidikan tinggi sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan serta teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan pemberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan. Oleh sebab itu peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi merupakan sesuatu yang tidak bisa diabaikan dan mendesak untuk segera dilakukan dengan jalan merubah subsistem yang sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola perguruan tinggi yang baik, GuG (Good University Governance). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh profil kepemimpinan PTS yaitu kompetensi individu, gaya kepemimpinan demokratis, lingkungan yang sinergis dan komitmen pimpinan PT terhadap tata kelola pengembangan Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Penelitian ini menggabungkan dua metode penelitian yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik wawancara, kuisioner dan survey. Subyek sampel penelitian ini para Rector dan Pembantu Rector Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Provinsi Aceh. Pada Studi awal penelitian ini, subjek sampelnya berjumlah 10 pimpinan, terdiri dari dua Universitas, dua Sekolah Tinggi dan satu Akademi. Instrumen yang digunakan adalah borang penilaian Pimpinan Perguruan Tinggi, serta instrument penelitian Kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berdasarkan prinsip-prinsip GuG. Semua instrument penelitian dan borang penilaian melalui tahapan validasi dan reliabilitas. Hasil temuan dalam studi awal ini adalah tingkat keterpakaian borang sekitar 94%, dan pengaruh Profil kepemimpinan PTS terhadap Kinerja PTS bidang akademik sekitar 59,3% dan bidang non akademik sekitar 59,1%.

Keywords


Kompetensi individu, Kepemimpinan Demokratis dan Lingkungan Sinergis

Full Text:

PDF

References


Al-Rasyid, H., (1992). Analisis Jalur. Disampaikan dalam Lokakarya Analisis Jalur Sebagai Sarana Statistik dalam Analisis Kausal. LP3E UNPAD. Bandung

Ansari, B.I., (2011). Mengembangkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Melalui Manajemen Strategis. “Jurnal Sains Riset”, I(I), pp 12 - 34

Bernardin H. John, (1998). Human Resources Management An Eksperimental Approach. Irwin/Mc Graw Hill Internasional Edition. Singapore.

Castetter, W.B., (1996). The Human Resourch Function in Education (Sixth Edition). Prentice Hall, Inc., Engliwood Cliffs- New Yersey.

Hughes, RL., (2002). Leadership Enchancing The Lesson of Experince. McGraw-Hill Irwin. New York

Herliana, H., 2018. Analisis Peta Mutu Pendidikan pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi ACEH. Jurnal Serambi Ilmu, 19(1), pp.72-81.

Husaini, Usman, (2012). Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Edisi 4. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Oldcorn, R, (1988). Management : Skill and Function. Pan Boks Ltd, London.

Presiden RI, ( 2012). Undang-Undang Republik Indonesia no. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Armas Duta Jaya, Jakarta.

Aisah, S.A.S., (2018). Pengembangan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah Dan Hubungannya Dengan Kinerja Kepala Seksi Pendidikan. JURNAL SERAMBI ILMU, 19(2), pp.72-87.

Sallis Edward, (1993). Total Quality Management In Education. Kogan Page Educational Management Series. London.

Sudjana. (1996), Teknik Analisis Regresi dan Korelasi bagi Para peneliti. Tarsito, Bandung.

Tamin, R, (2013). Governance Perguruan Tinggi. Makalah Di Sampaikan pada Lokakarya Tatakelola Perguruan Tinggi. 17 – 20 Juli 2013, Jakarta. Hal. 21 – 27.

Wiradinata R., (2005). Manajemen Sistem Pengembangan Kinerja Perguruan Tinggi. Jurnal Mimbar Pendidikan. (2)1, pp. 4-10.




DOI: https://doi.org/10.32672/si.v20i2.1452

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Indexing By :

 

 

   

     

     

   

 

Supported