STRATEGI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MATLAB

Nurbaiti Nurbaiti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan aktifitas peserta didik dalam proses pembelajaran pada kelas VIII-8 MTsN Model Banda Aceh melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan software MATrix Laboratory (MATLAB) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Tes hasil belajar diberikan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, sedangkan Lemabar observasi aktivitas siswa untuk melihat keaktivan peserta didik dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu rumus persentase. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 63,89%, hasil yang diperoleh pada siklus II sebesar 72,22%, dan siklus III sebesar 83,33%. Sehingga terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II dan III. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan software MATLAB dapat meningkatkan hasil belajar meteri Sistem Persamaan Dua Variabel siswa kelas VIII-8 MTsN 1 Model Banda Aceh.

Keywords


Strategi, Problem Based Learning, Matrix Laboratory

Full Text:

PDF

References


Translated by Soetjipto, H. P & S. M. Soetjipto. 2008. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

• Djamarah, S.B., dan Zain, A. 1995. Stategi Belajar Mengajar. Renika Cipta. Jakarta.

• Herawati, A.S. 2014. Konstruksi Konsep Relasi dan Fungsi dalam Sistem GUI MATLAB. Univessitas Jember. Jawa Timur.

• Ibrahim, M., dan Nur, M. 2000. Pembelajaran berdasarkan Masalah. UNESA. Surabaya.

• Jailani, J., Abubakar, A. and Anwar, A., 2018. Implementasi Pendekatan Science Technology Society (Sts) Pada Materi Pokok Lingkungan Hidup Sebagai Upaya Peningkatanlife Skill Siswa. JURNAL SERAMBI ILMU, 19(2), pp.132-142.

• Kartika, H. 2014. Pembelajaran Matematika Berbantuan Software MATLAB . Jurnal Pendidikan UNSIKA, 24-35.

• Mulya Cut at all, 2017. Teaaching Media Devolopmant Of Mathematic In The Materials Trigonometri Sum and Two Angles Difference By Using Gui MATLAB Vol 17 no 2 Program Studi Magister Matematika Unsyiah.

• Nurbaiti. 2016. Membangun Media Pembelajaran Matematika SMP/MTs untuk Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. UNSYIAH. Banda Aceh.

• Rusfendi, E. 1999. Pengantar untuk membantu guru dalam pembelajaran matematika. Tarsito. Bandung.

• Basyirudin, B., 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Program Linier Siswa. JURNAL SERAMBI ILMU, 18(2).

• Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Ghalia Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia

• Sanjaya.2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Software.

• Widiarsono, Teguh. 2005. Tutorial Praktis Belajar MATLAB. Departemen Teknik Elektro. ITB. Bandung.

• Wijaya, R. C. 2019. Modul GUI MATLAB. Fakultas Tekhnik UNJA. Jambi.

• Ibrahim, I., Akmal, N., Marwan, M. and Hasan, S., 2018. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITISMAHASISWA. JURNAL SERAMBI ILMU, 19(2), pp.120-131.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Indexing By :

 

 

   

     

     

   

 

Supported