PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUASAI MATERI PEMBELAJARAN MELALUI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) GURU KELAS DI UPTD MAKMUR KABUPATEN BIREUEN

Zainuddin Zainuddin

Abstract


Rendahnya kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran menjadi penyebab rendahnya kualitas hasil pembelajaran, pengembangan kompetensi profesionalitas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, terbatasnya kemampuan guru dalam menguasai materi ini berujung kepada rendahnya kualitas siswa sebagai lulusan yang bakal mengikuti pembelajaran pada jenjang berikutnya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran di sekolah, diklat pengembangan keprofesian berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran di sekolah dan hasil diklat PKB yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan menguasai materi pembelajaran di sekolah. Pembinaan 20 orang guru kelas tinggi dilaksanakan selama 3 bulan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran, hasil pembinaan guru dalam kegiatan PKB pada guru-guru kelas tinggi dalam usaha meningkatkan kemampuan menguasai materi pembelajaran di sekolah, dengan perolehan nilai perkembangan dan peningkatanyang signifikan yaitu 70,79 pra siklus 1, meningkat menjadi 78,36 pada siklus 1, dan meningkat lagi para siklus 2 dengan nlai 83,86.

Keywords


Menguasai Materi Pembelajaran dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Full Text:

PDF

References


• Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan. Pustaka Setia. Bandung.

• Depdikbud RI. 1995-1996. Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP SD. Depdikbud. Jakarta.

• Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen PMPTK Depdiknas. 2007. Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Sekolah, Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SDDirektorat Tenaga Kependidikan. Jakarta.

• ______. 2007. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Pada Kegiatan Pengembangan Propesi Guru. Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta.

• Gagne. 1977. Condition of Learning.:Holt renheart and Winston. New York.

• Hemalik, Jarolimek, J. 1999. Social Studies in Elementry Education. Mac Millan Publisher Co. New York.

• Hudojo, De Porter., & Hernacki. 1988. Quantum Learning: Membisakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa. Bandung.

• Luthan, Yusmarni. 2000. Studi Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika dengan Menerapkan Model Mengajar Advance Organizer di SD. Tesis tidak dipublikasikan. PPS UNP Padang. Padang.

• Muhaimin. 2004. Penilaian Kinerja Guru. Kaifa. Bandung.

• Munandar, Utami. 1999. Kreativitas dan Keberkatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat.: PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

• Pahyono. 2004. Teori Belajar. Dirjendikdasmen. Jakarta.

• Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009. Depdikbud. Jakarta.

• Sobry Sutikno M. 2004. Menuju Pendidikan Bermutu.: Remaja Rosdakarya. Bandung.

• Sumatmadja, Nursid. 1996. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Edisi Kedua. IKIP Bandung. Bandung.

• Suryadi, Ace & H.A.R. Tilar. 1992. Analisis Kebijakan: Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya. Bandung.

• Suryasubrata. 2002. Psikologi Pendidikan. CV. Rajawali. Jakarta.

• Suwarno Al-Muchtar. 1991. Pengembangan Kemampuan Berfikir dan Nilai dalam Pendidikan IPS (Suatu Studi Budaya Pendidikan). Disertasi tidak dipublikasikan. PPs IKIP. Bandung.

• Uzer Usman. 2000. Belajar. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

• Wijaya dan Rusyan. 2004. Guru Profesional. Rajawali. Jakarta.

• Winkel, W.S. 1989. Psikologi Pengajaran: PT. Gramedia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32672/si.v19i1.1015



INDEXING ;

               

   

SUPPORTED BY

   

Jurnal Serambi Ilmu
e-ISSN: 2549-2306
p-ISSN: 1693-4849
Website: https://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-ilmu
Email: abubakar@serambimekkah.ac.id
Published by: FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
Office: Jln. Unmuha, Banthoh, Banda Aceh Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub