Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Materi Pengangguran di SLB Negeri Seunagan

Nurhasanah Nurhasanah

Abstract


Ekonomi merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di tingkat SLB. Dalam mempelajari ekonomi terdapat banyak pendekatan pembelajaran yang bisa digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satunya ialah pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai tindakan yang digunakan untuk mengajar materi pengangguran. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif pada materi pengangguran melalui tipe STAD sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SLB Negeri Seunagan Nagan Raya. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SLB Negeri Seunagan Nagan Raya yang berjumlah 23 orang siswa. Data diperoleh dari tes hasil belajar siswa dan lembaran pengamatan aktivitas guru dan siswa terhadap pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Nilai siswa terus meningkat dari RPP-1 dan RPP-2. Pada tes akhir diperoleh persentase siswa yang memenuhi kriteria tinggi mencapai 34,78% sedang sebesar 69,59%, dan memenuhi kriteria rendah sebesar 0%. Jadi terdapat peningkatan dalam pembelajaran siswa pada materi pengangguran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Aktivitas guru yang paling dominan dilakukan adalah mempresentasikan materi serta memberi latihan mandiri. Aktivitas siswa yang paling dominan adalah mendengar, memperhatikan penjelasan guru serta dapat memperhatikan penjelasan teman dalam kelompok serta dapat mempresentasikan kembali kepada teman kelompok dan dapat menjawab pertanyaan. Sehingga dengan melakukan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pengangguran.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pengangguran, Ekonomi, STAD

 


Full Text:

PDF

References


Asmara.2009. Prestasi Belajar.Bandung.PT. Remaja Rosdakarya.

Purwadarminto, WJS. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung : Rosda Karya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Wahyuni, Dwi. 2001. Studi Tentang Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Mengajar. Program Sarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v7i5.1521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :