KOMPETENSI PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 INGIN JAYA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING

Fithri Angelia Permana, Rifaatul Mahmuzah

Abstract


Kemampuan bernalar matematis merupakan salah satu kompetensi yang ingin dicapai dalam belajar matematika karena kemampuan bernalar dapat menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Ironinya banyak siswa yang tidak suka belajar matematika. Karena kemampuan bernalar tidak bisa dimiliki dengan serta merta maka dibutuhkan upaya guru agar mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswanya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian: siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 28 orang. Instrumen: tes tulis, lembar observasi, dan angket. Prosedur penelitian:  perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam 2 siklus. Hasil penelitian siklus 1 diperoleh jumlah siswa yang memenuhi kriteria 13 orang (46%) dengan katagori sangat memuaskan dan memuaskan. Pada siklus 2 jumlah siswa yang memenuhi kriteria 21 orang (75%) pada katagori sangat memuaskan dan memuaskan. Hasil penelitian ini didukung oleh perolehan angket keaktifan siswa saat mengikuti pembelajaran menggunakan PBL.  Pada siklus 1 terdapat 50% siswa aktif mengikuti pembelajaran dan pada siklus 2 keaktifan siswa menjadi 70%. Respon siswa mengikuti pembelajaran PBL juga menunjukkan peningkatan yaitu dari tingkat sedang pada siklus 1 menjadi tinggi pada siklus 2. Berdasarkan keseluruhan hasil penelitian diketahui pembelajaran matematika menggunkan PBL mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Gallagher, S (2015). Doing The Math: Calculating The Role of Evolution and Enculturation in The Origins of Geometrical and Mathematical Reasoning. [versi elektronik]. Journal for Progress in Biophysics and Molecular Biology. 119,341-346.

Herman, T (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 24 (1). 41-62.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Novák, V. (2010). Reasoning about mathematical fuzzylogic and its future. [versi elektronik]. Journal of Fuzzy Sets and Systems.192,25–44.

Savery, J.R, & Duffy, T.M. (2001). Problem Based Learning: An Introduction model and its Constructivist framework. [versi elektronik]. Journal CRLT Technical Report. 16(01), 1-17

Soemamo, U., & Hendriana, H. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Stepien, W. G., & Shelagh. (1993). Problem-based learning: As authentic as it gets. Educational Leadership. 50 (7), 25-28.

Taufiq. A. M. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Semnas ini di index oleh :