Pembuatan Alat Bantu Ajar Biologi Ikan Timpakul dan Ekosistem Mangrove bagi Anak Sekolah Dasar di Desa Pagatan Besar Kabupaten Tanah Laut

Anang Kadarsah, Nurul Huda, Krisdianto Krisdianto, Hidayaturrahmah Hidayaturrahmah, Ika Oksi Susilawati

Abstract


The activities of the knowledge and technology sciences for the community are intended to (1) describe the economic value of timpakul fish and mangrove ecosystem in Pagatan Besar Village. (2) to introduce aids and learning media with biological themes of mangrove fish and mangrove ecosystems for school age children at SDN Pegatan Besar, and (3) to train the development of cognitive, affective, and psychomotor aspects of school children in SDN Pegatan Besar through theme approach biological based fish timpakul and mangrove ecosystems. In this activity, exposure to biological fish biology and the prospect of utilization. Next is a presentation on the mangrove ecosystem and its prospect of utilization at Pagatan Besar Beach. The third activity is the training of biology teaching materials and mangrove ecosystems for school-age children at SDN Pegatan Besar. Fourth assessment of the product from the training of biology materials and mangrove ecosystem training for elementary school children at SDN Pegatan Besar. The closing of this activity is the demonstration of training materials for timpakul biological materials and mangrove ecosystems in Pagatan Besar Village. The results of the devotion show a positive values where the participants followed this activity enthusiastically. Similarly, questionnaire filling where most of them know about the ecosystem of mangrove and timpakul (97%). Only a small percentage of respondents (2.5%) answered that for the conservation of mangroves and timpakul we must maintain and preserve the mangrove and have to throw garbage into the bin. Most respond only to one choice, for example not throwing out random garbage (17.5%) and planting 5% trees.
Keywords: teaching aids, timpakul fish, mangrove ecosystems

Abstrak
Kegiatan pengabdian ilmu pengetahuna dan teknologi bagi masyarakat ini bertujuan (1) mendeskripsikan nilai ekonomi ikan timpakul dan ekosistem mangrove di Desa Pagatan Besar. (2) mengenalkan alat bantu dan media belajar dengan tema biologi ikan timpakul dan ekosistem mangrove bagi anak-anak usia sekolah di SDN Pegatan Besar, dan (3) melatih pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor anak sekolah di SDN Pegatan Besar melalui pendekatan tema berbasis biologi ikan timpakul dan ekosistem mangrove. Dalam kegiatan ini dilakukan pemaparan mengenai biologi ikan timpakul dan prospek pemanfaatannya. Selanjutnya adalah pemaparan mengenai ekosistem mangrove dan prospek pemanfaatannya di Pantai Pagatan Besar. Kegiatan ketiga berupa pelatihan pembuatan bahan ajar biologi timpakul dan ekosistem mangrove bagi anak-anak usia sekolah di SDN Pegatan Besar. Keempat penilaian produk dari hasil pelatihan bahan ajar biologi timpakul dan ekosistem mangrove bagi anak-anak usia sekolah di SDN Pegatan Besar. Penutup kegiatan ini adalah pemajangan produk pelatihan bahan ajar biologi timpakul dan ekosistem mangrove di halaman SDN Pegatan Besar. Hasil pengabdian menunjukan nilai positif dimana peserta mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Demikian pula dengan pengisian kuesioner dimana sebagian besar menyatakan tahu tentang ekosistem mangrove dan timpakul (97%). Hanya sebagian kecil responden yang menjawab (2,5%) dengan lengkap bahwa untuk pelestarian mangrove dan timpakul kita harus menjaga dan melestarikan mangrove dan harus membuang sampah ke tempat sampah. Sebagian besar menjawab hanya satu pilihan saja, misalnya tidak membuang sampah sembarangan (17,5%) dan menanam pohon sebanyak 5%.
Kata kunci : alat bantu ajar, ikan timpakul, ekosistem mangrove


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2017. Tempat Wisata Mangrove di Pagatan Besar mulai Ramai Pengunjung. Alamat web : http://www.pelpost.com/Ls/Br/?s=5j6gPpUA. diakses tanggal 23 Mei 2018.

Cannicci, S., Burrows, D., Fratini, S., Smith, T. J., Offenberg, J., & Dahdouh-Guebas, F. (2008). Faunal Impact on Vegetation Structure and Ecosystem Function in Mangrove Forests: A Review. Aquatic Botany, 89, 186–200.

Duke, N.C. (2006). Rhizophora apiculata, R. mucronata, R. stylosa, R. × annamalai, R. × lamarckii (Indo–West Pacific stilt mangroves), ver. 2.1. In: Elevitch, C.R. (ed.). Species Profiles for Pacific Island Agroforestry, Hawai‘i. Retrieved September 2, 2018, from http://www.traditionaltree.org

Fatma, D. (2015). 4 Jenis Hutan Mangrove yang Ada di Dunia. Retrieved from https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hutan/jenis-hutan-mangrove

Feller, I. C., & Sitnik, M. (1996). Mangrove Ecology: A Manual for a Field Course A Field Manual Focused on the Biocomplexity on Mangrove Ecosystems. Washington. DC: Smithsonian Institution.

Hartono, & Agussalim, A. (2013). Komposisi dan Kelimpahan Moluska (Gastropoda dan Bivalvia) di Ekosistem Mangrove Muara Sungai Musi KabupatenBanyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Maspari Journal, Volume 5. ISSN: 2087-0558), 6 – 15.

Hogart, P. (2007). The Biology of Mangroves and Seagrasses. New York: Oxford University Press.

Hafizianor. 2009. Interaksi, Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Kawasan Suaka Margasatwa (Studi Kasus di Kawasan Suaka Margasatwa Pelaihari Kabupaten Tanah Laut). Jurnal Hutan Tropis Borneo No. 26, Edisi Juni 2009. Alamat web : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=96182&val=5070.

Irwanto. (2007). Analisis Vegetasi Untuk Pengelolaan Kawasan Hutan Lindung Pulau Marsegu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku. Yogyakarta : Laporan Akhir Tesis Pascasarjana, UGM.

Jessica. (2018). 7 Manfaat Menggambar bagi Perkembangan Anak. Retrieved from https://www.educenter.id/7-manfaat-menggambar-bagi-perkembangan-anak-2/

Kadarsah, A., dan Krisdianto. 2017. Kajian Aplikasi Coarse Filter Dalam Upaya Konservasi Moluska (Bivalvia dan Gastropoda) di Ekosistem Mangrove, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut). Laporan Penelitian Pembinaan Kapasitas. DIPA Universitas Lambung Mangkurat. (Tidak dipublikasikan).

Kitamura, S., Anwar, C., Chaniago, A., & Baba, S. (1997). Handbook of Mangroves in Indonesia. Bali and Lombok. The Development of Sustainable Mangrove Management Project. Denpasar: Forestry Ministry of Indonesia and Japan International Cooperation Agency.

Nielsen, D.M. 2008. Mengelola Kelas untuk Guru TK diterjemahkan oleh Febrianti Ika Dewi. Jakarta: Index.

Sujiono. 2007. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.32672/btm.v1i1.1236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.