HUBUNGAN PERAN PETUGAS, DUKUNGAN KELUARGA DAN KEPATUHAN IBU HAMIL TERHADAP RENDAHNYA CAKUPAN PEMBERIAN TABLET Fe3 PADA IBU HAMIL (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Lampisang Kabupaten Aceh Besar)

T M Rafsanjani, Ifanda Kurniawan, Irwan Saputra, Evi Dewiyani

Abstract


Cakupan konsumsi tablet Fe3 pada ibu hamil di wilayah Puskesmas Lampisang hanya sebesar 20%, hal ini dikarenakan petugas kesehatan kurang berperan dalam memberikan informasi tentang manfaat tablet Fe3 pada ibu hamil, tidak ada dukungan keluarga dan tidak patuh dalam konsumsi tablet Fe3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan rendahnya cakupan pemberian tablet Fe3 pada ibu hamil. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil sebanyak 276 ibu, dengan sampel sebanyak 73 responden dengan teknik sampel proportional sampling. Penelitian dilakukan pada tanggal 7-16 Agustus 2019, dengan pendekatan Cross Sectional. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil uji univariat bahwa pemberian tablet Fe3 tidak tercapai (64,4%), peran petugas kesehatan yang tidak berperan (54,8%), ibu hamil yang tidak patuh (60,3%) dan ada dukungan keluarga (54,8%). Hasil uji bivariat diketahui bahwa ada hubungan peran petugas kesehatan dengan p value = 0,001, dukungan keluarga dengan p value = 0,001 dan kepatuhan ibu hamil denagn p value = 0,001) dengan rendahnya cakupan pemberian tablet Fe3 pada Ibu hamil. Kesimpulan peran petugas kesehatan, dukungan keluarga dan kepatuhan ibu hamil merupakan faktor yang berhubungan dengan rendahnya cakupan pemberian tablet Fe3 pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Lampisang Kabupaten Aceh Besar Tahun 2019. Disarankan bagi puskesmas untuk meningkatkan kegiatan promosi kesehatan pada ibu hamil tentang pentingnya mengkonsumsi tablet Fe3.


Keywords


Fe3, Ibu Hamil.

References


Chan XK 2006 dalam: Rafsanjani, T. M., Yasir, Y., & Masyudi, M. (2019). Hubungan Pola Makan, Umur Dan Pengetahuan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Journal of public health research and community health development, 3(1), 63-70.

Rohmah, (2013). Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Anemia Pada Ibu Hamil Diwilayah Kerja Puskesmas Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Skripsi Keperawatan. Surakarta:UNMUHA.

Proverawati, (2011). Anemia dan Anemia Kehamilan. Yogyakarta: Nuha Medika

Waryana, (2010). Gizi Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Rahima

Masyudi, M. (2018). Pemeriksaan Haemoglobin Ibu Hamil di Puskesmas Penanggalan Kota Subulussalam. Serambi Saintia: Jurnal Sains dan Aplikasi, 6(1).

Depkes RI, (2011). Profil Kesehatan Indonesia tahun 2011. Jakarta : Depkes RI.

Eva, I. (2015). Karakteristik Yang Mempengaruhi Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Binangun Kabupaten Blitar. Jurnal. Stikes Kendedes.

WHO (2015), The Global Prevalence of Anemia in 2011. Switzerland : WHO.

Farrer,H. (2010). Perawatan Maternitas: Alih Bahasa Andry Hartono.Ed.2, Jakarta: EGC.

Efendi, (2010). Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktik dalam Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika.

Arisman, (2010). Gizi dalam Daur Kehidupan. Jakarta: EGC




DOI: https://doi.org/10.32672/makma.v2i3.1547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 T M Rafsanjani, Ifanda Kurniawan, Irwan Saputra, Evi Dewiyani

Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA)

INDEXING & ABSTRACTING