PENGELOLAAN REKAM MEDIS DI PUSKESMAS KETABANG KOTA SURABAYA

Vonny Yulia Miranda

Abstract


Penyelenggaraan rekam medis merupakan salah satu hal penting dalam pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari pengelolaan rekam medis di Puskesmas Ketabang Surabaya mulai dari sistem penomoran, assembling, filing, reporting, retensi dan pemusnahan. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, yakni menggambarkan dan mendeskripsikan pengelolaan berkas rekam medis. Pengumpulan data menggunakan cara observasi dan wawancara kepada petugas bagian pendaftaran puskesmas Ketabang Surabaya sekaligus pengelola rekam medis. Hasil penelitian yaitu diketahui sistem penamaan berkas rekam medis di Puskesmas Ketabang telah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Puskesmas ketabang menggunakan sistem penomoran berkas rekam medis unit numbering system. Pelaksanaan kegiatan assembling tidak dilakukan pada waktu khusus. Berkas rekam medis disimpan dengan menggunakan sistem sentralisasi dengan cara penyimpanan menggunakan straight numerical system. Pelaporan berkas rekam medis ditujukan untuk internal puskesmas serta laporan eksternal. Retensi dilakukan untuk memisahkan berkas rekam medis yang aktif dan inaktif. Setelah berkas rekam medis diretensi dan telah disimpan selama 5 tahun tanpa digunakan, berkas akan di musnakan dengan cara dibakar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Puskesmas Ketabang Surabaya telah melaksanakan pengelolaan berkas rekam medis yang sesuai dengan standar prosedur operasional yang dimiliki dan panduan rekam medis dari WHO meskipun masih ada beberapa masalah yang muncul.


Keywords


Pengelolaan, Puskesmas, Rekam Medis

References


Kemenkes R.I. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 269 tahun 2008 tentang Rekam Medis. Kementerian Kesehatan RI, Jakarta : (2008).

Nuraini N. Analisis Sistem Penyelenggaraan Rekam Medis di Instalasi Rekam Medis RS “X” Tangerang Periode April – Mei 2015. Jurnal Administrasi Rumas Sakit. (2015): 1 (3): 147 – 158.

Lindawati, Rudiansyah. Analisis Pelaksanaan Sistem Penomoran Rekam Medis Rawat Jalan. Jurnal Perekam Medis dan Informasi Kesehatan. (2018): 1 (2): 66 – 70.

Kemenkes R.I. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Kementerian Kesehatan RI, Jakarta : (2014).

Gunarti R, Abidin Z, Qiftiah M, Baharuddin. Tinjauan Pelaksanaan Family Folder Untuk Rekam Medis Rawat Jalan Di Puskesmas Guntung Payung Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Indonesia. (2016): 6 (3): 46 – 54.

Mardyawati E, Akhmadi. Pelaksanaan Sistem Penyimpanan Rekam Medis Family Folder di Puskesmas Bayan Lombok Utara. Jurnal Kesehatan Vokasional. (2016): 1 (1): 27 – 35.

Ratnasari A N, Sugiarsi S. Sistem Informasi Rekam Medis di Bagian Filing Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. (2016): 4 (1): 73 – 78.

Juan S E, Nuryati, Wagiran. Tinjauan Pelaksanaan Penyusutan Dalam Pengelolaan Arsip Rekam Medis. Jurnal Perekam Medis dan Informasi Kesehatan. (2018): 1 (2): 60 – 65.




DOI: https://doi.org/10.32672/makma.v2i3.1277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Vonny Yulia Miranda

Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA)

INDEXING & ABSTRACTING