ANALISIS INDEKS KELUARGA SEHAT DI GAMPONG LINTASAN HAULING PT MIFA BERSAUDARA KABUPATEN ACEH BARAT

Teungku Nih Farisni, Fitrah Reynaldi

Abstract


Program Indonesia sehat sebagai upaya meningkatkan kualita hidup manusia Indonesia yang diwujudkan dalam rencana strategis kementrian kesehatan 2015-2019. PT Mifa Bersaudara merupakan perusahaan bersaudara yang mulai beroperasi pada tahun 2012. Tujuan penelitian ini adalah ingin menganalisis indeks keluarga sehat (IKS) di gampong lintasan hauling PT Mifa Bersaudara. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menghitung indeks keluarga sehat dengan populasi seluruh KK yang ada didesa Peunaga Cut Ujong yang merupakan lintasan hauling PT Mifa Bersaudara. Teknik pengambilan sampel menggunakan total populasi yang berjumlah 286 KK. Penilaian IKS berdasarkan keluarga ber KB, ibu bersalin di faskes, bayi mendapat imunisasi lengkap, ASI eksklusif, balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan, penderita TB Paru, penderita hipertensi, penderita gangguan jiwa, anggota keluarga tidak ada yang merokok, JKN, sarana air besrih, dan jamban sehat dan diukur indek keluarga sehat pada setiap gampong.

Hasil penelitian diperoleh bahwa jumlah keluarga yang pra sehat (54,90%) dan tidak sehat (1,75%). Keluarga yang pra sehat sebagian besar penyebabnya adalah masih ada anggota keluarga yang merokok (38,11%) yang berdampak pada menderita TB (1,40%). Di Desa Peunaga Cut Ujong masih ada keluarga yang belum mempunyai jamban (2,10%). Kesimpulan IKS di desa Peunaga Cut UJong berada pada indeks keluarga pra sehat, dalam peningkatan IKS perlu adanya sinergi dengan aparat gampong, Puskesmas Meureubo. Pemerintah Daerah dan Perusahaan PT Mifa Bersaudara dalam penetapan program di bidang kesehatan. Peningkatan IKS ini dapat dilakukan dengan pembentukan kader sehat digampong guna untuk memantau kesehatan masyarakat di desa Lintasan Hauling Peunaga Cut Ujong Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat.


Keywords


Indeks, Keluarga, Sehat

References


Tjandrarini DH, Dharmayanti I, Upaya P, Masyarakat K. Pencapaian Indonesia Sehat Melalui Pendekatan Indeks Achieving Healthy Indonesia through Public Health Development Index. 2018;90–6.

Tahun KB, Fauzan A, Chotimah I, Hidana R. Implementasi Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga ( PIS-PK ) Di Puskesmas Mulyaharja Pendahuluan Metode Penelitian. 2019;2(3).

Astuti I. Determinan Pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu Menyusui. :60–8.

Widati S. Efektivitas Pesan Bahaya Rokok Pada Bungkus Rokok Terhadap Perilaku Merokok Masyarakat Miskin. J Promosi Kesehatan dan Pendidik Kesehatan. 2013;1(2):105–10.

Putri ARK. Pengaruh Merokok Terhadap Kesehatan Gigi Dan Rongga Mulut.

Agustina DV. Analisa Kinerja Sistem Distribusi Air Bersih PDAM Kecamatan Banyumanik di Perumnas Banyumanik ( Studi Kasus Perumnas Banyumanik Kel . Srondol Wetan ). Anal Kinerja Sist Distrib Air Bersih PDAM Kec Banyuwangi di Perumnas Banyumanik. 2007;2:1–3.

Darsana IN, Mahayana IMB, Patra IM. Faktor-faktor yang Berhubunga dengan Kepemilikan Jamban Keluarga Di Desa Jehem Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli tahu 2012. Kesehatan. 2012;4(2):124–33.

Pane E. Pengaruh Perilaku Keluarga terhadap. 2008;17550(1):229–34.




DOI: https://doi.org/10.32672/makma.v2i3.1533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teungku Nih Farisni, Fitrah Reynaldi

Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA)

INDEXING & ABSTRACTING