BERBAGAI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL TRIMESTER III (Studi Kasus Di Wilayah Kerja Puskesmas Samalanga Kabupaten Bireuen)

ismail ismail, Said Usman, Mahya Maulida

Abstract


Berdasarkan wawancara dan observasi di lapangan pada responden trimester III kehamilan yang berada di Desa Pante Rheng mengenai kecemasan pada saat menjelang persalinan sangatlah tinggi. Sekilas dari pengetahuan ibu, diketahui belum mengerti bagaimana cara menghadapi, mengatasi serta menenangkan diri dari kecemasan pada saat persalinan. Sementara dukungan dari keluarga, beberapa ibu mengatakan kurang karena terbiasa pergi sendiri sementara suami yang bekerja sebagai nelayan akan berangkat ke laut sesuai jadwalnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan ibu hamil trimester III di Wilyah Kerja Puskesmas Samalanga Kabupaten Bireun Tahun 2018 Penelitian ini bersifat survei analitik dengan desain cross sectional studi. Dengan jumlah populasi 127 responden dan sampel berjumlah 56 responden. Analisis yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat. Tempat penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Samalanga Kabupaten Bireun pada tanggal 20 s/d 26 Februari tahun 2019. Dari hasil uji statistik chi-square dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengetahuan (P-value  0,025 < 0,05), psikologis (P-value  0,014 < 0,05), dukungan keluarga (P-value  0,048 < 0,05), dan tidak ada pengaruh pendapatan (P-value  0,055 > 0,05) terhadap tingkat kecemasan ibu hamil trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Samalanga Kabupaten Bireuen Tahun 2019. Diharapkan kepada puskesmas, dapat memegaskan kepada sang ibu saat pemeriksaan kehamilan untuk menikuti masa pemeriksaan kehamilan untuk mengurangi tingkat komplikasi dan kematian ibu demi meningkatkan derajat kesehatan.


Keywords


Ibu Hamil, Trisemester III, pengetahuan

References


Arifin Asnawir, 2015., Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kecemasan Ibu Hamil Menghadapi Proses Persalinan Di Puskesmas Budilatama Kecamatan Gedung Kabupaten Buol Provensi Sulawesi Tengan. Jurnal Keperawatan, Vol, 3(2) : 2-5.

Alam, D.K., 2012. Warning ibu hamil. Surakarta; Ziyad Visi Media.

Catarina Yossy, 2012., Pengeruh Pemberian Pamflet Persalinan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Tingkat Kecemasan Ibu hamil. Majalah Obstetri Dan Ginekologi, Vol, 20(3) : 1-6.

Fauziah et al, 2016. Pengetahuan Tentang Kehamilan, Dukungan Keluarga Dan Kecemasan Ibu Primigravida Trimester III, Jurnal Psikologi Indonesia, Vol, 5(3) : 1-5.

Harmia., 2015. Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Timester III Tentang Proses Persalian Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Menghadapi Persalinan Di Desa Tarai Bangun Wilayah Krja Puskesmas Tambang Tahun 2015. Jurnal Kebidanan, STIKes Tuanku Tambusai Riau.

Mubasyiroh., 2010. Pengetahuan Tentang Kehamilan, Dukungan Keluarga Dan Kecemsan Ibu Primigravida Trimester III. Jurnal Psikologi Indonesia, Vol, 5(3) : 1-5.

Hardianti., 2015. Pengaruh keikutsertaan Senam Hamil Terhadap Kecemasan Primigravida TM III Dalam Menghadapi Persalinan Di BPS zizah Cangkringan Sleman. Skripsi; Program Studi Bidan Pendidikan Jenjang D IV, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2015.

Kamariyah, N et al., 2014. Buku Ajar Kehamilan. Jakarta Selatan; Salemba Medika.

Masruroh., 2015. Pengaruh Kecemasan Ibu Terhadap Terhadap Proses Persalinan Kala 1 Fase Aktif Di BPS Atik Surahiati Surabaya, Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol, 8(2), 2-5.

Handayani., 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Menjelang Persalinan Pada Ibu Primigravida Trimester III Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang Tahun 2012. Jurnal Keperawatan, Vol, 11(1) : 2-5.

Rafsanjani, T. M., Yasir, Y., & Masyudi, M. (2019). Hubungan Pola Makan, Umur Dan Pengetahuan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Journal of Public Health Research and Community Health Development, 3(1), 63-70.




DOI: https://doi.org/10.32672/makma.v2i3.1545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ismail ismail, Said Usman, Mahya Maulida

Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA)

INDEXING & ABSTRACTING