HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN INTELEKTUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI D-III KEPERAWATAN TAPAKTUAN

Hilma Yasni

Abstract


Pelayanan kesehatan yang bermutu perlu ditunjang oleh tenaga kesehatan yang berkualitas sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-undang No. 38 Tahun 2014. Selama proses pendidikan motivasi belajar dan kecerdasan intelektual memiliki pengaruh terhadap pencapaian prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan motivasi belajar, kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan di Prodi D III Keperawatan Tapaktuan pada bulan  Mei sampai dengan Oktober 2018. Metode penelitian dengan survey analitik dengan pendekatan Cross – sectional. Sampel  44 orang . Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, tes analisa IQ dan data Indeks Prestasi. Hasil  nilai  kekuatan korelasi (r) yaitu 0,8050 angka  ini lebih kecil dari nilai α = 0,05 sehingga  ada hubungan yang antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa dan didapatkan nilai  kekuatan korelasi (r) yaitu 0,726 angka  ini lebih kecil dari nilai α = 0,05 artinya  ada hubungan antara kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar mahasiswa.Tapaktuan. disarankan kepada mahasiswa agar lebih meningkatkan motivasinya, lebih serius  belajar dan sering mengikuti pelatihan dan workshop.


Keywords


Motivasi belajar, kecerdasan intelektual, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Bernad, William & Leopold jules, (2002). Test Analisa IQ dan Kepribadian Anda Berdasarkan Metode Modern. Bandung : Pionir Jaya.

Duha, Syamsud, (2011). Pengaruh motivasi belajar, IQ dan EQ terhadap tingkat prestasi belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa kelas VIII tahun ajaran 2009/2010 di SMP Negeri 1 Wlingi Blitar. Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang. http://library.um.ac.id diakses tanggal 12 April 2018.

Masrokah, (2007). Hubungan Motivasi berprestasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2017- Semarang. Fakultas Psikologi UMS. Htttp://etd.eprints.ums.ac.id/12347//. Diakses tanggal 12 April 2018.

Muhibbinsyah, (2009). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan

Nursalam, (2006). Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan

Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan, edisi I.Jakarta :

Salemba Medika.

.Prasetyo, D.S, (2007). Bank Soal TPA Terkini. Jogyakarta: DIVA Press.

Ridwan. (2010). Kegiatan Belajar Terhadap Prestasi Yang Dicapai. http://ridwan202.wordpress.co,/2008/05/03/ketercapaian-prestasi-belajar

diakses tanggal 12 April 2018.




DOI: https://doi.org/10.32672/makma.v2i2.1298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hilma Yasni

Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA)

INDEXING & ABSTRACTING