UJI CEMARAN MIKROBA PADA SUSU KEDELAI PRODUKSI RUMAH TANGGA YANG BEREDAR DI BANDA ACEH DENGAN METODE TPC

Mulia Aria Suzanni, M. Iqbal, Irhamni Irhamni

Abstract


Telah dilakukan penelitian uji cemaran mikroba pada susu kedelai produksi rumah tangga yang beredar di banda aceh dengan metode TPC bertujuan untuk mengetahui tingkat cemaran mikroba pada susu kedelai produksi rumah tangga yang beredar di Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh susu kedelai yang dijual dikota Banda Aceh. Sampel untuk penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Jumlah sempel yang terpilih sebanyak 3 susu kedelai dari tempat yang berbeda. Penelitian ini dilakukan dengan metode total plate count (TPC) atau yang sering disebut angka lempeng total (ALT) dengan prinsip perhitungan jumlah koloni mikroba pada cawan media NA pada pengenceran terkecil yang tumbuh. Hasil dari penelitian ketiga susu kedelai adalah Neusu Jaya 106x106 koloni/mL, Simpang Surabaya 4x106 koloni/mL, Lambaro Skep 6x106 koloni/mL. Ketiga susu kedelai yang telah diteliti dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak layak dikomsumsi. Hal ini dinyatakan karena nilai ALT tidak sesuai menurut SNI nomor 7388 : 2009 yaitu 5x104 koloni/mL

Keywords


Cemaran Mikroba, Susu Kedelai, Angka Lempeng Total (ALT)

Full Text:

PDF

References


Astawan, Made. 2009. Sehat Dengan Hidangan Kaceng Dan Biji-Bijian. Swadaya. Jakarta.

Astuti, S. 2008. Isoflavon Kedelai Dan Potensinya Sebagai Penangkap Radikal Bebas. Jurnal Teknologi Industri dan Hasil Pertanian Volume 13, No. 2 2008.

Ginting, E., Sri Satya Antarlina, S.S., Widowati, S., 2009. Varietas Unggul Kedelai Untuk Bahan Baku Industri Pangan. Jurnal Litbang Pertanian vol. 28(3) 2009.

Molita, A.D., Ramadhian, R. Lisiswanti, R. 2019. Uji Kualitas Mikrobiologi Pada Minuman Susu Kedelai Bermerek dan Tidak Bermerek di Kota Bandar Lampung. Jurnal Medula Vol. 9 No. 1 2019.

Muddajanto, Edi Setyo dan Kusuma.R. Fauzi. 2006.Susu Kedelai Susu Nabati Yang Menyehatkan. PT Agro Media Pustaka. Tengerang.

Safrida, Y.D., Raihanaton, Ananda. 2019. Uji Cemaran Mikroba Dalam Susu Kedelai Tanpa Merek Di Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh Secara Total Plate Count (TPC). Serambi Engineering, Volume IV, No.1, 2019

Sutrisno, Koswara. 1992. Teknologi Pengolahan Kedelai. Sinar Harapan. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32672/jp2v.v2i1.2935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 INDEXING & ABSTRACTING