UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI ENERGI BUNYI MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS IV MIN 20 ACEH BESAR

Fatimah Fatimah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Energi Bunyi siswa kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Demonstrasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Jumlah siswa adalah 35
siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 17 orang dan perempuan 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2019/2020 dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Agustus 2019 sampai dengan Oktober 2019 pada semester ganjil. Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 48,57 % pada pra siklus meningkat menjadi 60 % pada siklus I dan meningkat menjadi 91,43 % pada siklus II. Penggunaan metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Energi Bunyi siswa kelas IV MIN 20 Aceh Besar Tahun Pelajaran 2019/2020


Keywords


Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, IPA, Energi Bunyi.

Full Text:

PDF

References


Abdullah Aly & Eny Rahma.1998. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Abdullah. 1998. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Amin Suyitno. 2002. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia. Indonesia.

Baharuddin & Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogyakarta: ArRuzzMedia.

Haris Abizar. 2017. Buku Master Lesson Study. Yogyakarta: Diva Press.

Istarani. 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada

Mahmud Yunus. 2011. Pemikian Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka Setia.

Rifa‟i, Achmad dan Chatarina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas

Negeri Semarang Press.

Roqib dan Nurfuadi. 2011. Kepribadian Guru. Purwokerto: STAIN Purwokerto Press.

Siti Halimah. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung : Cita Pustaka Media Perintis

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suprijanto. 2012. Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: PT.Bumi

Aksara.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Suyoso, Suharto dan Sujoko.1998. Ilmu Alamiah Dasar. Yogyakart: IKIP

Syaiful Bahri Djamarah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka cipta.

Winkel, WS. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta:

Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.32672/jp2v.v2i1.2792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 INDEXING & ABSTRACTING