PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRAKARYA PADA MATERI KEWIRAUSAHAAN PENGOLAHAN MAKANAN AWETAN DARI BAHAN NABATI MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) SISWA KELAS X MIA MAS ULUMUL QUR’AN KOTA BANDA ACEH

Nurhayati Nurhayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Prakarya dan kewirausahaan pada materi Kewirausahaan Pengolahan Makanan Awetan Dari Bahan Nabati siswa kelas XI MIA MAS Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA MAS Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh. Jumlah siswa adalah 24 siswa dengan jumlah siswa perempuan 24 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2019/2020 dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan September 2019 sampai dengan November 2019 pada semester ganjil. Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 45,83 % pada pra siklus meningkat menjadi 62,50 % pada siklus I dan meningkat menjadi 91,66 % pada siklus II. Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar Prakarya dan kewirausahaan pada materi Kewirausahaan Pengolahan Makanan Awetan Dari Bahan Nabati siswa kelas X MIA MAS Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh Tahun Pelajaran 2019/2020.

Keywords


Hasil Belajar, Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Prakarya, Kewirausahaan Pengolahan Makanan Awetan Dari Bahan Nabati

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal. 2013. Analisis Eksistensial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Barron, R. 1982. An Introduction to Philosophy of Education. London: Methuen. Buku Materi Pelatihan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Mata Pelajaran Prakarya tahun 2014. Jakarta: Depdikdas

Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Munandar, S.C. Utami. 1992. Mengembangkan Bakat Anak. Jakarta : Gramedia.

NYC Department of Education. 2009. Project Based Learning: Inspiring Middle School Students to. Engange in Deep and Active Learning. NYC Department of Education: New York.

Patton, M. Q. 2012. Essentials of Utilization-Focused Evaluation. California: SAGE Publications.

Pesanggrahan Guru. 2016. Prakarya dan Kewirausahaan. Bandung: Yrama Widia.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

The George Lucas. 2005. Educational Foundation. Instructional Module Project. Based Learning

Thomas, J.W. 2000. A Review of Research on Project Based Learning. Electronic. Journal of Science Education.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT. Kencana.

Yania Risdiawati. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yulia yastin. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Arcihievement Division (STAD) pada Siswa kelas IV Mandonga Kota Kendari: Skripsi Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Kendari.




DOI: https://doi.org/10.32672/jp2v.v2i1.2791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 INDEXING & ABSTRACTING