MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SISTEM PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DAN HEWAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE ) KELAS IX MTsN 5 PIDIE

Darni Yusri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi sistem perkembangbiakan tumbuhan dan hewan kelas IX MTsN 5 Pidie. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN 5 Pidie. Jumlah siswa adalah 39 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 22 orang dan perempuan 16 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2018/2019 dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Juli 2018 sampai dengan September 2018 pada semester ganjil. Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi aktivitas siswa dilakukan dengan melihat keaktifan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada kedua siklus tersebut, dari 71,42% (baik) meningkat menjadi 91,42% (sangat baik). Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 47,37% pada pra siklus meningkat menjadi 68,42% pada siklus I dan meningkat menjadi 86,84% pada siklus II. Penggunaan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi sistem perkembangbiakan tumbuhan dan hewan kelas IX MTsN 5 Pidie Tahun Pelajaran 2018/2019

Keywords


Hasil Belajar, Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science), IPA, Materi Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan

Full Text:

PDF

References


Dimyati, dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamzah. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muslich, Masnur. 2010. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu. Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sanjaya, Wijaya. 1997. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2009. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.32672/jp2v.v2i1.2778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 INDEXING & ABSTRACTING