PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK MELALUI METODE VISUAL (LEARNING BY OBSERVING AND PICTURING) SISWA KELAS VIII MTsN 5 PIDIE

Zainab Zainab

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi Cahaya dan Alat Optik siswa kelas VIII MTsN 5 Pidie. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Visual (Learning by Observing and Picturing). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 5 Pidie. Jumlah siswa adalah 32 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 10 orang dan perempuan 22 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2017/2018 dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Februari 2018 sampai dengan April 2018 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada kedua siklus tersebut, dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 40,63 % pada pra siklus meningkat menjadi  62,5 % pada siklus I dan meningkat menjadi 87,5 % pada siklus II. Penggunaan metode pembelajaran Visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi Cahaya dan Alat Optik siswa kelas VIII MTsN 5 Pidie Tahun Pelajaran 2017/2018.

Keywords


Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Visual, IPA, Cahaya dan Alat Optik

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Asih W.W & Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Meier, Dave. 2002. The Accelereted Learning Handbook. Bandung: Kaifa

Nurkancana, Wayan. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV. Alfabeta

Salim. 2000. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sholeh, Hamid. 2011. Metode Edutainment. Yogyakarta.Diva Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2004. Manajemen Program Pendidikan: untuk Pendidikan Nonformal dengan Pengemabangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukarno. 1973. Kajian IPA. Jakarta: Pustaka Belajar




DOI: https://doi.org/10.32672/jp2v.v2i1.2777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 INDEXING & ABSTRACTING